Ketika Gaji Menipis Saat Tanggal Tua

sumber: Sabarhadi

Saat awal bulan mungkin kamu cendrung  senang berbelanja dan makan di luar tanpa memikirkan nasib di akhir bulan. Alhasil, saat tanggal tua kamu mengandalkan kartu kredit untuk menutupi kebutuhan karena gaji yang sudah mulai menipis.

Daripada terus menggunakan kartu kredit yang membuat tagihan semakin membengkak dan kamu akan sulit menabung di bulan depan. Berikut beberapa tip untuk menghadapi tanggal tua :

Membuat Bekal Sendiri
Dari pada sering makan di luar, cobalah membuat bekal sendiri dari rumah. Saat ini banyak sekali resep masakan di internet yang bisa kamu praktekan sendiri di rumah, atau jika kurang jelas kamu bisa melihat video tutorial memasak di Youtube.

Gunakan Transportasi Umum
Bagi kamu yang memiliki tempat kerja cukup jauh dan sering membawa kendaraan pribadi. Cobalah alternatif transportasi  umum seperti kereta api, busway, atau kamu juga bisa bergabung dengan taksi online untuk memberikan jasa tebengan kepada orang-orang yang searah.  Dengan menggunakan transportasi umum atau memberikan tebengan, kamu sudah menghemat dan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Merogoh Dana darurat
Nah, ini dia fungsi dana darurat yang sering kamu sisihkan dari gaji tiap bulan. Dalam kondisi darurat seperti tanggal tua, kamu bisa mengambil dana darurat untuk mencukupi kebutuhan harian hingga tanggal gajian.

Menjual Barang bekas
Coba cek lemari atau laci koleksi yang kamu miliki. Apakah ada barang-barang yang sudah kamu bosan, tidak terpakai  dan kondisinya masih sangat bagus? Jika ada, cobalah jual barang-barang tersebut di situs-situs market place. Beberapa barang bekas yang sering diincar di situs market place seperti buku, komik, majalah edisi spesial, mainan, barang-barang elektronik dan pakaian.

Menagih Utang
Coba ingat-ingat kembali, siapa teman kamu yang pernah meminjam uang dan belum mengembalikannya? Saat seperti ini, kamu tak perlu sungkan untuk jujur dengan kondisi keuangan dan menagih piutang pada mereka.

Manfaatkan Promo
Jika ada kebutuhan yang memang harus kamu beli saat tanggal tua, cobalah belanja dengan cerdas dengan memanfaatkan promo diskon, buy one get one, atau carilah barang di toko yang harganya paling murah.  Promo tersebut, bisa kamu manfaatkan kembali dengan membuka jasa titip atau menjualnya dengan harga normal.

Catatat Pengeluaran
Mulai sekarang, cobalah untuk mencatat pengeluaran yang kamu lakukan setiap hari secara terperinci. Dengan mencatat pengeluaran secara rutin, di akhir bulan kamu bisa melihat mana saja pengeluaran yang bisa dikurangi atau dihemat. Jika sulit melakukannya, kamu bisa mengunduh aplikasi pengatur keuangan yang tersedia gratis di ponsel pintar.


segelas info

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar