Portal Berita Online Mengalahkan Keberadaan Media Cetak

Portal Berita Online Mengalahkan Keberadaan Media Cetak
Kehadiran Portal Berita Online saat ini sudah sangat berkembang dan beragam macam pilihan, misalnya detik.com, kapanlagi.com, liputan6.com, okezone.com dan lainnya. Kehadiran portal berita online di Internet saat ini sudah menjadi gaya hidup serta menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia. Khususnya di Ibukota dan kota-kota besar lainnya.

Ditengah maraknya kesibukan dan mobilitas masyarakat saat ini, pengakses berita melalui media internet lebih banyak dilakukan. Hal itu dikarenakan media online lebih praktis dan efisien ketimbang harus membawa majalah atau koran kemana-mana.

Pengguna Internet mobile , seperti smart phone blackberry dan android menjadi pilihan banyak orang karena selain harganya yang sudah relatif terjangkau, kemudahan mengakses dengan berbagai macam pilihan paket data dari berbagai macam provider juga menjadi salah satu faktor mengapa pengguna internet mobile sekarang lebih banyak.

Dilihat dari kemudahan tersebutlah ssekarang, mengapa oplah penjualan media cetak seperti koran dan majalah menjadi berkurang. Saat ini penjualan dari oplah sebuah media cetak bukanlah menjadi sumber penghasilan yang utama seperti beberapa tahun silam.

Lalu darima kah media cetak sekarang memperoleh laba, dan menutup omset demi mencapai keuntungan? Yup benar sekali jawabannya adalah dari pemasukan iklan. Masuknya beberapa iklan di sebuah media cetak merupakan sumber pemasukan yang memberikan kontribusi yang cukup besar dari pada penjualan oplah.

Jenis-jenis iklan di media cetak juga berbagai macam mulai dari ukuran cm, kolom, halaman utama, halaman sampul, halaman belakang, sampai iklan yang menjadi sebuah artikel iklan. Mempunyai tarif yang berbeda-beda pula. Begitu juga segmen dari media cetak itu sendiri. Misalnya untuk harian nasional seperti kompas Jika kita beriklan di harian kompas pasti harganya berbeda dengan harian daerah atau lokal seperti Riau Pos. Begitu juga dengan majalah beriklan di majalah Fashion seperti Bazaar pasti berbeda dengan Majalah Remaja seperti Aneka Yess.

Pembelian iklan di sebuah media cetak atau pun media online sebenarnya juga harus disesuaikan oleh segemen dan target si pembaca dari media tersebut. Karena pembelanjaan iklan yang tidak tepat sasaran akan merugikan bagi si pemasang iklan itu sendiri.
Portal Berita Online Mengalahkan Keberadaan Media Cetak Portal Berita Online Mengalahkan Keberadaan Media Cetak Reviewed by Riza Firli on 23.27.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.