Asal Usul Budaya Punk Rock

Tidak ada yang tahu pasti kapan dan di mana munculnya budaya punk pertama kali. Tapi banyak yang mengatakan kelahiran punk rock terjadi karena adanya metamorfosis dalan Rock n’ roll yang lahir pada tahun 1955. Rock n’ roll adalah musik milik generasi muda yang ingin memberontak terhadap kemapanan, sehingga dijauhi dan tidak disukai para orang tua. Tapi saat rock mulai kehilangan stagnan dan membosankan mulailah banyak musisi menciptakan jenis musik baru yang ekstrim, dan lahirlah musik punk. Pada tahun 1964, terjadi serbuan besar-besaran grup asal Inggris semisal The Beatles ke Amerika. Melihat tren tersebut, remaja Amerika pun sadar bahwa mereka harus memiliki aliran musik yang berbeda dan memikat.

Mulailah terbentuk banyak band baru di Amerika. Dengan semangat yang menggebu lagu-lagu yang mereka hasilkan pun lebih banyak beraliran keras. Bagi mereka, musik kerasa adalah simbol dari semangat hidup. Mereka cenderung belajar dari grup-grup yang alirannya simple tapi nge-rock, macam The Rolling Stones, The Who atau The Yardbirs, yang musiknya lebih menitikberatkan pada riff dan power, bukan struktur lagu yang kompleks.

Dari sini lahirlah sound yang selanjutnya berkembang menjadi punk rock. Dari Iggy Pop hingga Ramones, punk selanjutnya berkembang sebagai buah kekecewaan musisi rock kelas bawah terhadap industri musik yang saat itu didominasi musisi rock mapan, seperti The Beatles, Rolling Stone, dan Elvis Presley.

Budaya punk rock yang serba ideologis memang memberi nilai tambah kepada jenis musik ini. Mungkin sebagian musisinya engga mempelajari musik rumit. Namun perhatian mereka terhadap masalah-masalah sosial patut diacungi jempol. Jika anda adalah seorang pemula, jangan minder dengan persepsi negatif dari masyarakat.

Bila perlu ubahlah stigma masyarakat dengan menciptakan musik yang lebih berkelas. Bisa dimulai dengan menambahkan elemen-elemen musik lain, seperti piano dan keyboard. Siapa tahu alunan piano atau keyboard anda justru menjadi tiitk balik kejayaan musik punk rock. Beli piano agar proses latihan anda menjadi lebih nyaman.
Asal Usul Budaya Punk Rock Asal Usul Budaya Punk Rock Reviewed by Unknown on 19.57.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.