Metal Alternatif Dipengaruhi Rock Alternatif

Metal alternatif biasanya mengambil unsur-unsur musik berat, dengan pengaruh dari rock alternatif. Band-band rock alternatif sering memainkan musiknya dengan riff gitar berat, vokal melodis dengan suara konvensional. Strutur lagunya sangat berbeda dengan lirik kebanyakan lagu-lagu dan kadang-kadang sangat eksperimental, hampir menyamai musik heavy. Istilah metal alternatif sudah ada sejak 1980an, namun baru menonjol di era 1990an. Dalam perkembangannya metal alternatif banyak memasukkan unsur hip hop, groove dan thrash metal. Beberapa ada juga yang dipengaruhi punk hardcore. Band-band seperti Faith No More, Jane Addiction dan Soundgarden diakui sebagai beberapa band metal alternatif awal , dengan ketiga band ini muncul di sekitar tahun 1980 .

Munculnya musik grunge sebagai gaya populer di awal 1990an, membantu genre metal alternatif menjadi terkenal dan diterima khalayak mainstream. Sejak itu metal alternatif segera menjadi gaya metal paling populer diera 90an. Sayang beberapa band menyangkal status mereka sebagai band metal, karena kerap disebut sebagai peranakan grunge.Pada akhir 90-an terjadi revolusi dalam musik metal alternatif. Saat itu banyak band metal alternatif hanya menghasilkan suara standar dan meninggalkan pakem-pakem metal alternatif. Ini sangat berbeda dengan metal alternatif yang pada masa kelahirannya lebih eksentrik dan unclassifiable.

Terlepas dari metamorfosisi metal alternatif yang terjadi sejak 1980 hingga sekarang. Banyak aspek yang bisa kita pelajari. Mulai dari penciptaan musik keras yang enak didengar hingga perubahan ekstrim dalam jenis musik ini. Jika anda berniat menjadi musisi metal alternatif, ada baiknya mempelajari pakem-pakem genre musik ini. Mulailah dengan mempelajari ketukan drumnya, karena drum adalah nyawa dari genre musik ini. Ingat beli drum elektrik atau manual terlebih dulu. belilah ditoko yang beremerek dan memiliki kualitas bagus.
Metal Alternatif Dipengaruhi Rock Alternatif Metal Alternatif Dipengaruhi Rock Alternatif Reviewed by Phanie Fauziah on 00.32.00 Rating: 5

2 komentar:

  1. Metal alternatif ini nama lainnya nu metal bukan sih? Kalau sekarang mungkin kaya Linkin Park sama 30 Second to Mars bukan ya?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.