Menciptakan Karya Berpengaruh

Membuat lagu yang menyentuh atau mengandung kritik tidaklah mudah. Terutama karena ada banyak petimbangan sosial, budaya dan politik didalamnya. Tapi bukan berarti anda tidka mungkin bisa membuatnya. Ada beberapa trik yang bisa anda gunakan untuk menciptakan lagu-lagu mengkritik yang cukup baik.

a. Belajar banyak budaya dalam suatu negara biasanya terdapat beberapa suku. Hal ini harus anda pertimbangkan agar saat lagu anda dilepas kepasaran tidak ada pihak yang merasa direndahkan. Sebaliknya, buatlan karya lirik-lirik yang bisa menyatukan semua kalangan dan budaya, terlepas anda membenci ebuah budaya, anda tetaplah seorang musisi yang dituntut untuk lebih objektif.

b. Banyak turun kelapangan terutama kedaerah-daerah pinggiran, seperti kawanan pekerja seks komersial, perumahan kumuh, maupun tempat nongkrong anak jalanan dan pengemis. Dengan lebih banyak turun kelapangan kita akan lebih peka dalam mengamati lingkungan sekitar, apa yang mesti dibenahi atau dikembangkan dan menjadi ide kita untuk membuat karya.

c. Terbuka pada kritikan banyak musisi merasa dirinnya cerdas padahal ada yang lebih cerdas, karena itu penting bagi kita untuk terus membuka diri menerima kritikan, terutama dari pemerhati budaya. Siapa tahu dari kritik tersebut anda bisa melahirkan karya yang lebih berkualitas.

Selain ketiga hal di atas dibutuhkan juga kedekatan dengan masyarakat. Kedekatakan itu bisa anda jalin dengan bermain musik bersama atau memberikan instrument musik. Beli drum elektrik atau manual untuk para anak jalanan adalah investasi bagus yang bisa membuat anda melahirkan karya-karya cerdas.
Menciptakan Karya Berpengaruh Menciptakan Karya Berpengaruh Reviewed by Phanie Fauziah on 01.07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.