Kipas Cantik Menenangkan Jiwa




Ngakan Nyoman Wedana, terkenal dengan nama Ngakan Weda, adalah seorang seniman lukis kipas dari Pulau Dewata. Kemampuannya untuk melukis di atas kipas kayu telah membawanya untuk berpartisipas
 dalam pelbagai pameran.

Mudah dibawa
Kemampuannya terletak pada mengaplikasikan cerita pewayangan di kedua sisi kipas; selain itu dalam pelukisan terinspirasi oleh upacara-upacara orang Bali serta berbagai macam flora dan fauna.
Ngakan menggunakan kain dan kertas untuk membuat kipasnya. Ngakan menggunakan kayu terbaik yang tersedia di Bali, baik kayu bengkel atau lemanuh keduanya mempunyai resistensi yang baik dalam pelapukan dan sangat padat dalam serat dimana hal tersebut sangat baik untuk proses pelukisan.

Melukis bukanlah hal yang baru untuk seorang Ngakan Weda yang pernah menerima pengharagaan seperti Dekranas (2006), Gold Award of Indonesia Good Design Selection (2006), Inacraft Award untuk kategori kerajinan kayu, dan Best of Best untuk Inacraft Award (2009). Ngakan sudah melukis di atas kanvas semenjak duduk di bangku Sekolah Dasar. Ngakan telah memutuskan untuk melukis di atas kipas sehingga orang-orang yang menyukai lukisannya dapat membawanya serta.
Ngakan membuat kipasnya sendiri. Segera setelah kipas siap dilukism Ngakan membuat sketsa gambar dengan pensil dan kemudian dipertegas kembali dengan pena. Ngakan mewarnai lukisannya dengan cat akrilik, menggunakan tehnik blurring.

Ukuran dari kipasnya sangat variatif antara 21 cm – 30 cm. Harga yang ditawarkan bervariasi dari yang paling murah Rp. 50.000,- (untuk lukisan yang sangat sederhana) hingga Rp. 1.500.000,- (untuk lukisan yang lebih kompleks).
Kipas Cantik Menenangkan Jiwa Kipas Cantik Menenangkan Jiwa Reviewed by Riza Firli on 00.40.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.