Melakukan Rekaman Vocal Dengan Benar

Bagi anda yang berprofesi sebagai vokalis atau penyanyi, melakukan rekaman vocal adalah salah satu unsur penting. Jika tak bisa melakukannya dengan benar dan bagus, maka suara anda yang aslinya bagus akan terdengar jelek. Sebalinya, jika anda mengetahui trik-trik yang benar dalam melakukan rekaman, suara anda yang pas pasan akan terdengar bagus.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan oleh vokalis untuk mendapatkan rekaman yang bagus? Pertama adalah artikulasi kata. Bernyanyi bertujuan mengungkapkan atau menyampaikan pesan, maka pastikan pesan yang anda sampaikan diterima baik oleh orang-orang. Jika anda bisa melakukan hal itu, pendengar bisa denga mudah menangkap pesan anda.

Hal ini penting dilakukan untuk menghasilkan suara yang padat. Faktor yang kedua adalah memilih Microphone. Tidak semua studio rekaman memiliki microphone beragam. Usahakan anda memiliki mic yang sesuai dengan karakter atau warna vocal. Umumnya, untuk vokal dibutuhkan Polar Pattern Cardiod (Unidirectional Mic).

Mic jenis ini mampu menangkap suara dari arah depan dan akan berkurang jika anda bernyanyi dari bagian sisi mic. Kemudian perhatikan juga jarak mic, saat take vocal usahakan bibir dan mic berjarak satu jengkal tangan atay sekitar 15-24cm. Jarak bibir dan mic yang terlalu dekat akan menimbulkan desis dan suara letupan.

Keempat adalah tone vocal. Pastikan tone vocal saat rekaman sudah maksimal. Kelima pastikan compressor berjalan semestinya. Alat ini berfungsi untuk mengompres vocal yang dinamikanya terlalu besar. Terakhir adalah penjiwaan, tanpa penjiwaan lagu yang anda nyanyikan sulit untuk hidup. Lakukan latihan rutin sebelum melakukan rekaman. Beli piano dan berlatih nada-nada ringan, adalah pemanasan ideal sebelum anda mulai melakukan rekaman.
Melakukan Rekaman Vocal Dengan Benar Melakukan Rekaman Vocal Dengan Benar Reviewed by Phanie Fauziah on 23.03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.