Musik Sebagai Metode Komunikasi

Orang yang suka mendengarkan musik pasti tahu jika dalam rangkaian nada yang dia dengar, terkandung makna yang ingin disampaikan oleh pata musisinya. Musik tersebut mencerminkan keadaan pikiran tertentu, perasaan tertentu yang membawa motivasi maupun menginspirasi orang lain untuk tumbuh. Untuk menjadi lebih kuat, bijak dan memperlihatkan tujuan hidup yang jelas.

Musik adalah bahasa universal, harmoni yang keluar dalam setiap instrumen mampu ditangkap oleh otak manusia lengkap dengan pesan-pesannya. Mengapa musik begitu mudah dipahami? Karena musik adalah bahasa universal. Ia memiliki kekuatan menyentuh hati dan jiwa secara langsung, tanpa perlu penerjemah dan diterjemahkan kedalam berbagai bahasa.

Semakin kita belajar tentang bahasa dalam musik ini, semakin kita dapat memahami bagaimana sebuah musik itu bernyawa.Inilah alasan mengapa seorang komponis begitu lama menciptakan sebuah lagu. Karena dia sedang berusaha menyampaikan pesan yang tersirat,namun kuat. Mereka berusaha untuk memahami konsep dalam setiap bagian. Baik itu suara maupun instrumen musik yang digunakan. Tak lupa juga mereka perhatikan dramaturgi dan atmosfirnya.

Setelah memahami musik dengan pikiran rasional dan merasakan konten emosional didalamnya. Itu tanda kita sudah mulai mengerti bahasa musik. Setelah terbiasa mengenali bahasa musik, barulah coba anda ciptakan sebuah karya. Bisa dimulai dengan beli piano dan mempelajari serta memahami setiap nadanya. Rasakanlah pesan dalam setiap nada yang anda dengar, dan arilah rangkaian nada yang menggambarkan perasaan anda sekarang ini.
Musik Sebagai Metode Komunikasi Musik Sebagai Metode Komunikasi Reviewed by Unknown on 01.31.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.