Ini Dia Cara Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan bisa diartikan sebagai kesetiaan pelanggan, loyalitas ini menjadi sebuah faktor penting dalam dunia bisnis, karena pelanggan yang loyal tidak hanya menguntungkan secara finansial tetapi pelanggan yang loyal juga menjadi alat promosi dari mulut ke mulut atau yang disebut word of mouth.

Mendapatkan pelanggan baru memang mudah, namun menjaga dan mempertahankan pelanggan yang sudah loyal itu susah-susah gampang. Sebuah kesalahan kecil saja dapat membuat pelanggan kecewa dan akan memberikan dampak yang lebih besar. Terlebih saat ini sosial media, forum, blog menjadi senjata bagi para konsumen ketika mereka tak tahu lagi harus mengadu kemana atas kekecewaan yang mereka rasakan.

Maka untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut :

Perlakukan pelanggan dengan lebih spesial
Pelanggan yang sudah loyal biasanya akan lebih tulus dan merasa memiliki hubungan dengan produk atau merek yang ia gunakan. Maka jalinlah hubungan baik yang lebih personal misalnya memberikan selamat ketika mereka ulang tahun atau tindakan-tindakan kecil lainnya agar pelanggan merasa spesial karena lebih diperhatikan.

Jalin komunikasi yang mudah
Ketika pelanggan komplain dan sedikit kecewa dengan produk atau jasa yang mereka gunakan, maka sebisa mungkin buatlah komunikasi kepada pelanggan lebih mudah, jangan sampai berbelit-belit karena pelanggan akan bertambah kecewa ketika pelayanan purna jual yang diberikan sangat buruk. Tunjukanlah respon yang cepat dan tanggap karena hal tersebut membuat pelanggan lebih percaya kalau keluhannya dilayani dengan serius.

Berikan informasi yang sesuai
Saat ini internet sudah menjadi kompetisi bagi banyak brand atau perusahaan. Mereka berlomba-lomba untuk menjaga gengsi agar lebih unggul di internet, social media hingga mesin pencari, padahal kenyataannya di dunia nyata produk atau jasanya tidak lebih unggul dari kompetitor.
Misalnya melalui SEO (Search Engine Optimization) mereka menggunakan trik atau cara-cara tak lazim agar menjadi peringkat pertama di mesin pencari Google. Padahal Google saat ini akan menghargai original content yang sesuai, perlu diingat juga kalau masyarakat sebagai konsumen sudah lebih pintar karena tidak mau lagi dibodoh-bodohi dengan opini yang dibentuk oleh media, jebakan promosi, dan janji-janji yang tidak sesuai kenyataan.

Kepuasan Pelanggan
Pada akhirnya loyalitas pelanggan terjadi karena kepuasan mereka terhadap suatu produk atau jasa yang mereka gunakan. Maka tingkatkanlah kepuasan pelanggan mulai dari menjaga mutu produk, pelayanan, inovasi, dan tampungalah keluhan-keluhan pelanggan agar menjadi perbaikan produk atau jasa kamu di masa mendatang.

Semoga bermanfaat.

Riza Firli/ Smart-Money.co/ 17 Apr 2015
Ini Dia Cara Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Ini Dia Cara Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Reviewed by Riza Firli on 20.22.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.