Tak Perlu Khawatir Jika Anak Tidak Bisa Matematika, Ini Pelajaran yang Lebih Penting!



Pelajaran Matematika merupakan pelajaran yang sering disegani bahkan menjadi pelajaran yang ditakuti bagi sebagian anak di sekolah. Hal ini dikarenakan berbagai faktor mulai dari guru yang galak, cara belajar matematika yang kurang menyenangkan, atau bisa juga karena anggapan kalau pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit.

Bahkan seorang guru di Australia pernah berkata “Kami tidak terlalu khawatir jika anak-anak sekolah dasar kami tidak pandai MATEMATIKA. Kami jauh lebih khawatir jika mereka tidak pandai MENGANTRI” hal ini dikatakan bukan tanpa alasan. Sebab hanya perlu waktu tiga bulan secara intensif untuk melatih anak untuk bisa matematika, sedangkan dibutuhkan waktu 12 tahun untuk melatih anak agar mereka bisa mengantri dengan baik.

Banyaknya pelajaran matematika yang siswa-siswi pelajari di sekolah, pada akhirnya hanya sedikit yang digunakan dalam dunia profesi. Kecuali seperti penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Selebihnya rumus-rumus sulit yang mereka hafalkan hanya terpakai pada profesi-profesi tertentu.

Dan yang lebih penting semua siswa-siswi membutuhkan etika moral dan mendapat pelajaran berharga dari budaya mengantri pada kehudupan mereka kelak. Seperti sang anak dapat belajar mengatur waktu dimana jika ingin mendapatkan antrian paling depan mereka harus datang lebih awal.

Mengantri juga melatih kesabaran karena mereka harus menunggu giliran apabila mengantri paling belakang, membuat anak belajar menghormti hak orang lain yang datang lebih awal, ada unsur kedisiplinan karena tidak boleh menyerobot antrian orang lain.

Dalam antrian yang panjang anak belajar kreatif dalam mengatasi rasa bosan,sperti membaca buku, mendengarkan musik atau berkomunikasi dengan orang sekitar. Anak juga belajar untuk tabah dalam menjalani segala proses yang ingin dicapai, sehingga mereka tidak akan menggunakan cara-cara instant bahkan cara-cara yang tidak sesuai dengan norma dan hukum yang berlaku.

Riza Firli / Lintas.Me/ 20 Apr 2015
Tak Perlu Khawatir Jika Anak Tidak Bisa Matematika, Ini Pelajaran yang Lebih Penting! Tak Perlu Khawatir Jika Anak Tidak Bisa Matematika, Ini Pelajaran yang Lebih Penting! Reviewed by Riza Firli on 09.45.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.