Hal Penting ini Perlu Kamu Lakukan Sebelum Resign



Resign atau mundur dari pekerjaan merupakan hal yang sering terjadi dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Memutuskan resign untuk mengejar karier dan tantangan baru ditempat lain nampaknya memang menjadi pilihan yang tepat, terlebih bila kamu masih sangat muda dan memiliki potensi yang lebih untuk mengembangkan karier ditempat lain.

Namun resign menjadi hal yang tidak wajar apabila kamu melakukannya dengan cara yang salah. Seperti terjadinya konflik, kasus, atau hal-hal lainnya yang merusak reputasi atau nama baik di kemudian hari. Untuk itu sebelum resign lakukanlah hal berikut ini :

Jujur
Ketika mengajukan resign sebaiknya jujur dengan keadaan yang kamu alami misalnya alasan resign, kendala pekerjaan yang dihadapi, bahkan kamu juga bisa jujur apabila mendapatkan tawaran baru di tempat lain.

Dengan kejujuran yang kamu lakukan tak jarang atasan akan mepertimbangkan banyak hal mulai dari penawaran gaji, dispensasi , hingga tawaran untuk pindah ke divisi lain.

Berikan Surat Resign
Ketika kamu sudah menghadap atasan dan benar-benar mantap dengan keputusan yang kamu ambil. Berikanlah surat resign secara resmi yang ditujukan kepada atasan dan HRD dengan begitu maka akan jelas tanggal berapa hari terakhir kamu bekerja.

Minta Surat Rekomendasi
Ketika resign jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi dan bila perlu mintalah slip gaji bulan terakhir. Hal ini sangat penting karena surat rekomendasi menjadi nilai jual kamu ketika akan melamar pekerjaan baru dan beberapa perusahaan biasanya ada yang meminta slip gaji sebagai bukti dan kebutuhan adminsitrasi karyawan baru yang diterimanya.

Serah Terima
Sebelum resign kamu harus menyelesaikan pekerjaan atau proyek yang belum kamu selesaikan. Jika proyek atau pekerjaan tersebut berjalan dalam jangka panjang atau berkelanjutan maka kamu harus memberi tahu kepada rekan kerja yang akan menggantikanmu sedetail mungkin. Mulai dari prosedur kerja, data atu berkas, email dan nomor-nomor penting yang harus dihubungi.

Pamitan
Karena saat masuk baik-baik, maka bagaimanapun saat resign kamu harus meninggalkan kesan yang baik. Dihari terakhir kamu bisa berpamitan secara langsung kepada semua rekan kerja dan meminta maaf jika ada kesalahan yang tidak disengaja selama kamu bekerja.
Hal Penting ini Perlu Kamu Lakukan Sebelum Resign Hal Penting ini Perlu Kamu Lakukan Sebelum Resign Reviewed by Riza Firli on 23.48.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.