Serba-serbi Kopi Hingga Bisnisnya yang Semakin Harum



Kopi merupakan minuman yang sangat populer di dunia, kata kopi berasal dari Bahasa arab yaitu qahwah yang berarti kekuatan. Hal tersebut karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi, kemudian kata qahwah mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki, kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam Bahasa Belanda dan diserap kedalam Bahasa Indoensia menjadi kopi hingga saat ini.

Secara umum jenis kopi dibedakan menjadi dua yaitu kopi Arabika dan Robusta. Kopi Arabika berasal dari negara Ethiopia dan Brazil yang tumbuh pada ketinggian 700-1700 Mdpl dengan suhu 16-20 °C. Kedua negara tersebut juga mengusai 70% pasar kopi secara global. Ciri-ciri pada kopi Arabika adalah aromanya yang wangi, memiliki rasa sedikit asam, kental dimulut, pahit dan memiliki tekstur yang lebih halus. 


Sedangkan kopi robusta merupakan keturunan dari berbagai jenis kopi yang mengusai 30% pasar dunia. Kopi robusta banyak ditemui di Kolumbia, Indonesia dan Filipina. Ciri-ciri pada kopi robusta memiliki rasa yang lebih menyerupai cokelat, wangi yang dihasilkannya manis, serta teksturnya cendrung kasar dan memiliki warna yang beragam.

Banyak mitos positif maupun negatif yang beredar di masyarakat seputar kopi. Seperti kopi dapat memberikan semangat dan inspirasi, jika dikonsumsi anak-anak bisa menyebabkan sang anak hiperaktif. Kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan meskipun hubungan kopi dan kesehatan belum jelas terungkap namun kopi memiliki efek yang signifikan. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Harvard mengenai kopi dalam beberapa tahun terakhir ternyata kopi memiliki banyak manfaat kesehatan. Diantaranya kopi dapat mengontrol tekanan darah (2005), menurunkan risiko kematian akibat kanker prostat (2011), menurukan risiko bunuh diri hingga 20% (2013) dan meminum kopi lebih dari secangkir setiap harinya selama empat tahun dapat mengurangi diabetes tipe dua sebesar 11% (2014).



Indonesia sendiri merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Gabungan Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI) mencatat volume ekspor kopi secara keseluruhan pada 2014 sebanyak 475.000 ton dengan nilai US$ 1,3 miliar. Angka tersebut mencakup 385.000 ton biji kopi dan 90.000 ton kopi olahan.

Sedangkan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor kopi pada semester I-2015 mencapai US$ 579 juta. Dari kedua data tersebut Indonesia adalah negara yang sangat berpotensi sebagai pengekspor kopi dunia dan 5 dari 10 kopi terbaik dunia adalah kopi Indonesia.

Sumber: berbagi sumber
Serba-serbi Kopi Hingga Bisnisnya yang Semakin Harum Serba-serbi Kopi Hingga Bisnisnya yang Semakin Harum Reviewed by Riza Firli on 23.31.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.