Sungkan Tagih Utang Pada Teman? Berikut Tipsnya!



Uang terkadang menjadi hal yang sensitif, terlebih jika kamu ingin menagih utang pada teman atau kerabat yang meminjam uang kamu. Sebenarnya menagih hutang sangat mudah namun pada prakteknya hal tersebut sulit dilakukan. Karena bisa saja kamu jadi tak enak hati ketika harus menagih utang pada teman yang sudah lama kamu kenal.

Dan untuk menagih utang pada teman, berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan :

Buat Perjanjian
Sebelum kamu memberikan pinjaman kepada teman, coba sepakati terlebih dahulu tanggal pengembalian dari utang tersebut. Jika utang dalam jumlah besar, coba buatlah perjanjian hitam diatas putih agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari jika kamu ingin menggugat.

Bicarakan Empat Mata
Ketika menagih utang coba omongkanlah secara baik-baik secara 4 mata. Jangan menagih utang ketika kamu dan teman kamu sedang ada di keramaian atau ketika ada banyak teman lainnnya. Karena bisa saja hal tersebut menyinggung perasaannya.

Kirim Pesan
Ketika kamu memang benar-benar membutuhkan uang yang sedang dipinjam oleh teman kamu, tapi sulit atau tidak enak untuk menagihnya. Coba kirim text message, sebelum benar-benar menagihnya kamu bisa berbasa-basi terlebih dahulu lalu ceritakan alasan kamu akan kebutuhan kamu mengapa kamu membutuhkan kembali uang yang sedang di pinjam tersebut.

Negosiasi
Ketika teman yang meminjam uang kamu, tidak bisa membayar tepat waktu dari perjanjian awal. Cobalah untuk negosiasi pembayaran utang dengan cara di cicil, atau berikan lagi kelonggaran sampai tenggang waktu tertentu

Ganti Dengan yang lain

Ketika utang yang dipinjam teman kamu tidak terlalu besar, misal hanya untuk kebutuhan makan atau jajan. Kamu bisa minta ganti dalam bentuk yang lain agar impas, misalnya minta gantikan dengan bayar ngopi di coffe shop, nonton bioskop atau dengan barang yang sedang kamu inginkan. Dan jangan lupa ketika temanmu sudah membayar utang ucapkanlah banyak terimakasih agar teman kamu tetap merasa dihargai.
Sungkan Tagih Utang Pada Teman? Berikut Tipsnya! Sungkan Tagih Utang Pada Teman? Berikut Tipsnya! Reviewed by Riza Firli on 20.29.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.