Hello Kitty Si Tokoh Imut yang Kaya Raya



Hello kitty adalah salah satu tokoh kartun sepanjang masa yang di desain oleh perushaan Jepang, Sanrio. Tokoh ini banyak menghiasi berbagai benda kesayangan seperti kotak makan, tempat minum, alat tulis hingga berbagai macam aksesoris dan barang-barang  lainnya.

Hello Kitty pertama kali diperkenalkan di Jepang pada tahun 1974, dan didaftarkan  pada tahun1976 sebagai merek dagang diseluruh dunia. Jika dilihat dari desainnya, Hello Kitty cukup simple bahkan di desain  tanpa menggunakan mulut. Meski demikian karakter kucing ini mampu menyihir banyak anak-anak hingga orang dewasa dari berbagai kalangan yang menjadi sangat fanatik.

Pada ulang tahun Hello Kitty ke-40 ada fakta menarik yang mengejutkan datang dari Sanrio. Kalau tokoh Hello Kitty sama sekali bukan seekor kucing. Akan tetapi mewakilkan sosok seorang gadis kecil yang tinggal di luar London, memiliki saudara kembar seorang  anjing laut dan Hello Kitty duduk di kelas 3 SD.

Christine R Yano, seorang antropolog Universitas Hawaii yang merupakan seorang kurator retrospektif Hello Kitty di Museum Nasional Jepang dan Los Angeles  Amerika. Mengetahui fakta tersebut saat ia akan menyiapkan deskripsi tertulis untuk pameran museum Hello Kitty, ia membuat kesalahan dengan mendeskripsikan Hello Kitty sebagai seekor kucing.



"Hello Kitty tidak pernah digambarkan merangkak. Dia adalah gadis kecil, dia adalah seorang teman. Bukan kucing," 

Shintaro Tsuji merupakan pria dibalik kesuksesan Hello Kitty. Berawal dari produsen Sutera pada tahun 1960, ia memulai usahanya dari perusahaan yang bernama Yamanashi Silk Center.

Sebuah ide bisnis baru membuat dirinya berpindah haluan, ketika itu Tsuji melihat adanya potensi besar pada dekorasi bunga di sandal jepit, hal ini dilakukan karena penambahan bunga sebagai dekorasi membuat sebuah sandal memiliki nilai tambah dibanding menjual sandal jepit biasa.

Dari ide sederhana tersebut maka didirikan perusahaan Sanrio, kemudian merambah pada barang-barang yang dapat dijadikan kado atau hadiah dengan target anak-anak. Barang yang dijual seperti pernak-pernik, peratalan tulis, stiker, dan lainnya dengan desain yang lucu dan menarik perhatian anak-anak.

14 tahun kemudian ada seorang designer yang membawa konsep kitty white untuk hiasan dompet pelastik bertuliskan Hello, lalu Shintaro Tsuji selaku founder Sanrio menyukainya dan memproduksinya dengan jumlah cukup besar. Siapa sangka dompet yang diproduksi Sanrio tersebut sangat diminati banyak orang dan menjadi cikal bakal produk Hello Kitty yang mendunia.

Sukses mendunia dan terjual lebih dari 60 negara, karakter keluaran Sanrio tersebut pernah di daulat menjadi duta UNICEF dan duta pariwisata Jepang. Kini Sanrio yang memiliki sekitar 50 karakter tersebut, memiliki angka penjualan hingga US$ 5 miliar pertahun. Dan membuat Shintaro Tsuji selaku founder Sanrio masuk kedaftar 50 orang terkaya di Jepang dengan nilai kekayaan US$ 610 juta.



Hello Kitty Si Tokoh Imut yang Kaya Raya Hello Kitty Si Tokoh Imut yang Kaya Raya Reviewed by Riza Firli on 01.51.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.