Ketika Blog Bisa Mendulang Rupiah



Mungkin kamu sudah pernah atau sering mendengar kalau banyak orang yang dapat menghasilkan uang hanya dari menulis di blog pribadinya. Kegitatan tulis menulis di internet yang satu ini memang bisa menjadi kegiatan yang cukup menguntungkan ditengah era digital dan internet yang semakin berkembang.

 Namun yang sering ditanyakan bagaimanakah mendapatkan pundi-pundi rupiah hanya dari sebuah blog? Mengingat banyak sekali blog atau website yang beredar, belum lagi tingkat persaingan antar website yang semakin ketat.  Jika bingung untuk mendapatkan uang dari blog, yuk ikuti tips-tips berikut ini :

1.       Tentukan Genre
Sebuah blog yang kamu tulis sebaiknya memiliki genre, karena dari genre yang spesifik kamu lebih mudah menentukan target audience atau pembaca . Misalnya jika kamu suka makan-makan kamu bisa menjadi food blogger yang mengulas makanan atau restoran yang kamu coba. Dan genre blog lainnya yang juga ramai seperti beauty blogger, fashion blogger, travel blogger, otomotif, atau personal blog yang mengulas kehidupan sehari-hari seperti Radhitya Dhika.

2.       Menulis Dengan Rutin
Setelah membuat blog, kamu juga harus peduli dengan blog yang kamu miliki. Lakukanlah pembaruan atau update, membalas comment dan jangan segan-segan untuk melakukan blog walking ke blog orang lain. Untuk menulis blog usahakanlah menulis dengan rutin namun rutin disini bukan berarti kamu harus menulis setiap hari, mengingat seorang blogger pasti memiliki kegiatan atau pekerjaan lain.

3.       Promosi
Setelah menulis blog jangan lupa untuk  menyebarkan link blog yang kamu buat di berbagai akun sosial. Seperti facebook, twitter, path, line dan kamu juga bisa melakukan promosi berbayar di facebook atau google sehingga blog kamu lebih banyak pengunjung.

4.       Kedekatan Emosi
Seseorang pembaca yang menjadi pengikut blog kamu, biasanya mereka  orang-orang yang memiliki kedekatan emosi dengan kamu. Kedekatan ini dipengaruhi oleh gaya  bahasa atau gaya kamu dalam penyampaian isi content. Seorang penulis blog lebih senang menggunakan bahasa yang ringan, bahasa sehari-hari yang mudah dimengerti mengingat mereka bukanlah seorang jurnalis.

5.       Google Adsense
Jika blog kamu sudah memiliki jumlah pengunjung atau traffic tinggi, kamu bisa mendaftarkan blog kamu pada Google Adsense. Google adsense merupakan sebuah produk periklanan yang dimiliki Google, yang apabila dipasang di sebuah website atau blog yang kamu miliki.  Maka kamu akan mendapatkan komisi per-iklan yang di klik oleh pengunjung blog kamu.

6.       Program Afiliasi
Saat ini sejumlah e-commerce di Indonesia sudah banyak yang mengadakan program afiliasi. Yaitu sebuah cara mendapatkan uang di internet tanpa harus menjual sebuah produk, kamu tinggal mendaftarkan blog kamu pada salah satu web e-commerce yang menyediakan program afiliasi. Lalu kamu akan mendapatkan sebuah kode, yang nantinya dimasukan pada blog dan content postingan yang kamu tulis.

Misalnya jika kamu seorang beauty blogger,  kamu bisa melakukan review pengalaman pada pemakaian sebuah produk kosmetik.  Yang  produknya nanti kamu sisipkan link menuju ke web e-commerce afiliasi tersebut. Sehingga apabila nanti ada pembaca blog kamu yang tertarik, menuju link tersebut dan melakukan transaksi, maka kamu akan mendapatkan sebuah komisi yang jumlahnya tergantung transaksi yang terjadi.

7.       Endorse
Jika kamu adalah seorang blogger yang sudah berpengaruh maka akan banyak brand yang melirik kamu, untuk melakukan kerjasama . Seperti di sponsori untuk menggunakan produk, dibayar untuk melakukan review, dibayar untuk pemasangan banner iklan di halaman  blog atau postingan. Hingga ada juga brand yang mengajak para blogger untuk hadir menjadi narasumber pada acara-acara talkshow, launching dan sebagainya.


Ketika Blog Bisa Mendulang Rupiah Ketika Blog Bisa Mendulang Rupiah Reviewed by Riza Firli on 01.28.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.