Ketika Menjadi Lulusan Baru, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pahami



Menjadi lulusan baru atau fresh graduate memang sangat membahagiakan, terlebih saat wisuda  dan menggunakan toga menjadi momen paling berkesan yang tidak terlupakan. Perjuangan kamu selama menempuh pendidikan rasanya terbayar sudah.

Akan tetapi setelah lulus tantangan selanjutnya adalah kembali ke masyarakat, mencari pekerjaan maupun peluang untuk membangun masa depan yang cerah. Untuk lulusan baru, berikut hal-hal penting yang harus kamu ketahui :

Pengangguran
Angka pengangguran di Indonesia begitu tinggi, berdasarkan data  Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus 2015 jumlah pengangguran Indonesia mencapai  7,56 juta itu berarti kamu harus bersaing dengan mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

Pegawai Negeri atau Swasta ?
Banyak anggapan di masyarakat kalau bekerja menjadi pegawai negeri lebih baik dari pada menjadi pegawai swasta karena hidupnya akan lebih terjamin. Sebenarnya banyak peluang yang bisa kamu dapatkan baik menjadi pegawai negeri maupun swasta, tinggal kamulah yang harus pintar melihat dan menciptakannya ketika terjun di dunia kerja.

Menjadi Enterpreneur
Ketika banyak lulusan baru sibuk melamar pekerjaan, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk memulai bisnis dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Berbisnis dengan modal kecil sekalipun bisa kamu lakukan asal berani memulai karena di era digital saat ini banyak peluang dan kemudahan yang bisa kamu dapatkan.

Bekerja Sesuai Passion atau Jurusan?
Saat ini banyak seseorang yang bekerja diluar jurusan yang ia pelajari semasa kuliah. Jika kamu dahulu mengambil jurusan karena pilihan orang tua, maka saat ini tentukanlah masa depanmu sendiri karena bagaimanapun kamulah yang menjalankannya.  Bekerja sesuai passion meskipun diluar jurusan yang kamu pelajari akan lebih menyenangkan karena kamu akan bekerja sepenuh hati dan lebih cepat berkembang.

Analisis SWOT Diri Sendiri
Ketika kamu bingung menentukan pekerjaan atau karier yang tepat untuk diri kamu. Cobalah kamu membuat analisis SWOT diri sendiri, evaluasikan diri kamu apa yang menjadi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats).

Buat Rencana Kedepan
Setelah tahu apa yang menjadi keinginan kamu, dan sudah mendapatkan pekerjaan impian. Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjang apa yang menjadi target selanjutnya, karena bagaimanapun kamu harus memiliki rencana yang matang untuk menghadapi tantangan kedepan.


 Gambar: crazy town blog
Ketika Menjadi Lulusan Baru, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pahami Ketika Menjadi Lulusan Baru, Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pahami Reviewed by Riza Firli on 20.55.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.