Pizza Hut Menjadi Restoran Waralaba Dunia



Pizza merupakan makanan sejenis roti budar, pipih yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju mozzarella yaitu keju khusus untuk pizza. Pizza juga memiliki berbagai macam topping mulai dari beef, ham, bacon,  jamur, nanas, bawang Bombay, paprika, dan sayuran lainnya.
Pizza yang kita kenal saat ini sebagai makanan kelas atas, siapa sangka kalau dahulu pizza merupakan makanan kaum miskin di Napoli, Italia.  Dan dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, minyak, garam, dan ragi.

Ditahun 1889 seorang pembuat roti bernama Raffaele Esposito membuat pizza dengan rasa baru untuk menyambut raja Umberto dan ratu Margherita. Raffaele membuat kulit pizza renyah dan diberi topping yang melambangkan tiga warna bendera italia yaitu merah, putih dan hijau.

Warna bendera tersebut diwakili dari warna merah pada tomat, putih pada keju mozzarella dan hijau pada daun basil.

Siapa sangka pizza buatan Raffaele tersebut disenangi oleh ratu Margheritta, maka digunakanlah nama sang ratu sebagai nama pizza yang terkenal seperti sekarang. Untuk pizza italia sendiri memiliki dua jenis yang pertama Pizza Italia Utara yang memiliki topping pizza yang beragam, sedangkan untuk Pizza Italia Selatan mengedepankan cita rasa dan bumbunya.

Ciri pizza italia memiliki roti lebih garing dan tipis, berbeda dengan pizza ala amerika yang memiliki roti lebih tebal. Salah satu pizza ala amerika yang terkenal di Indonesia adalah Pizza Hut, restoran waralaba ini merupakan restoran pizza pertama di Indoensia yang dibuka pertama kali pada tahun 1984.

Pizza Hut didirikan pada tahun 1958 oleh dua orang mahasiswa bernama Dan & Frank Carney di Wichita, Kansas. Pizza Hut dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada tahun 1977 dan saat ini menjadi restoran pizza waralaba terbesar yang memiliki lebih dari 12.000 cabang yang tersebar di lebih dari 84 negara.
Pizza Hut telah melayani1,7 juta pizza setiap harinya, untuk 4 juta pelanggan di seluruh dunia.

Pizza Hut Menjadi Restoran Waralaba Dunia Pizza Hut Menjadi Restoran Waralaba Dunia Reviewed by Riza Firli on 20.55.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.