Hari Pendidikan Nasional, Kinaryosih dan Acha Septriasa rilis film Mars



Multi Buana Kreasindo yang didukung oleh Associated produksi Leica Production mengadakan gala premier film MARS Mimpi Ananda Raih Semesta bertepatan dengan hari pendidikan Nasional, Senin (2/5/2016) di Plaza Senayan, Jakarta.
Mars merupakan film perjuangan seorang Ibu bernama Tupon (Kinaryosih) dan anaknya bernama Sekar Palupi (Acha Septriasa) yang berasal dari desa gunung Kidul. Meski berasal dari keluarga buta huruh, Sang Ibu sangat memperjuangkan putri semata wayangnya untuk tetap bisa meraih pendidikan setinggi mungkin.
Dari aula Oxford University Inggris, Sekar Palupi berhasil menjadi seorang sarjana Astronomi dengan predikat lulusan terbaik. Ia berpidato dan menceritakan kalau di balik keberhasilannya ada sosok Ibu yang selalu memberikannya semangat untuk bisa menggapai pendidikan tinggi walau berasal dari keluarga miskin yang buta huruf.
Sekar selalu ingat filosofi sederhana Tupon yang mengingikannya untuk menjadi bintang yang paling bersinar mengalahkan cahaya bintang lainnya. Tupon menyebut bintang tersebut, lintang lantip (bintang yang cerdas) dalam kenyataannya bintang tersebut adalah planet Mars. Dongeng planet Mars membuat Sekar ingin pergi kesana dan ibunya berpesan kalau ia bisa ke Lintang Lantip dengan pendidikan.


Acha berharap film Mars dapat menurunkan persepsi atau pemikiran masyarakat terhadap orang miskin yang tidak bisa meraih pendidikan tinggi. Bukan berarti seorang keturunan tidak bisa berubah.
"Pendidikan itu sangat penting karena pendidikan dapat mengubah nasib dan identitas seseorang", ungkap Acha.
Sedangkan arti pendidikan bagi Kinaryosih selain sangat penting, sebuah bangsa dapat telihat taraf hidupnya dari pendidikan masyarakatnya sendiri.
"Kita membuat film ini agar semua orang bisa terbuka, sebagai orang tua harus berjuang demi pendidikan anak walau miskin bukan menjadi alasan. Selain pintar dalam kecerdasan berpikir (IQ) seorang anak juga harus memiliki kecerdasan emosi (EQ) seperti bisa menghargai orang lain, harus sopan dan antara keduanya harus bisa seimbang", ungkap Kinar pada acara gala premier film Mars.
Hari Pendidikan Nasional, Kinaryosih dan Acha Septriasa rilis film Mars Hari Pendidikan Nasional, Kinaryosih dan Acha Septriasa rilis film Mars Reviewed by Riza Firli on 20.07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.