MINI DI GAIKINDO INDONESIA INTERNATIONAL AUTO SHOW (GIIAS) 2016

PELUNCURAN PERDANA NEW MINI CABRIO DI INDONESIA.
Lewat peluncuran perdana new MINI Cabrio, MINI pamerkan model terbaru yang muncul sebagai perubahan generasi dari jajaran model brand MINI. Pada pameran bergengsi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, MINI Indonesia menampilkan new MINI Cabrio untuk pertama kalinya. MINI Cabrio adalah edisi baru dari kendaraan atap terbuka premium pertama dan masih satu-satunya di segmen kendaraan compact yang menawarkan keseruan berkendara dengan atap terbuka serta 4 kursi yang dikombinasikan dengan kualitas terbaik dalam hal sportiness, efisiensi, kenyamanan, fungsionalitas, keamanan, konektivitas, dan kualitas, baik dari segi material maupun ketelitian dalam produksinya.
Dengan identitas brand yang baru, MINI menghadirkan berbagai model istimewanya di GIIAS 2016. Kehadiran MINI di GIIAS 2016tentunya akan memberikan pengalaman berkesan bagi para penggemar MINI yang ingin mengetahui lebih jauh tentang desain individual premium MINI dan filosofi brand yang telah disempurnakan. Selama 10 hari penyelenggaraan GIIAS 2016, MINI akan menampilkan delapan model terbaru, termasuk diantaranya new MINI Cabrio, MINI Clubman, MINI 5-Door, MINI 3-Door, MINI Countryman, dan MINI Paceman. Seluruh model ini merepresentasikan keunggulan MINI dalam hal desain yang emosional, keseimbangan optimal antara keseruan berkendara dan konsumsi bahan bakar, teknologi inovatif dengan fungsionalitas yang cerdas.
Di sela-sela peluncuran perdana new MINI Cabrio di Indonesia, Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia, menjelaskan mengenai kehadiran MINI di GIIAS 2016 dan juga kendaraan baru MINI: “Dengan jajaran model yang lebih banyak, brand MINI kini memiliki dorongan untuk terus tumbuh di pasar otomotif premium Indonesia. Indonesia akan terus menjadi pasar yang penting bagi brand MINI. Daya tarik generasi model terbaru MINI di pasar ini tercermin dari permintaan yang tinggi dari MINI Clubman dan MINI 5-Door. Tentu saja kedua model ini juga dipamerkan di GIIAS, bersama sengan generasi model terbaru, new MINI Cabrio”.
Peluncuran perdana new MINI Cabrio di Indonesia berarti keseruan berkendara dengan satu-satunya kendaraan atap terbuka di segmen kendaraan kompak telah berkembang ke tingkatan selanjutnya. “New MINI Cabrio tidak sabar untuk tampil dan menyapa penggemar MINI di Indonesia. Kendaraan 4 kursi dengan atap terbuka ini akan tersedia di dealer MINI mulai hari ini. Para pecinta MINI akan melihat garis-garis elegan di model baru ini, yang menonjolkan kesan yang lebih sporty dan kedewasaan yang makin tajam, ciri khas generasi baru MINI. New MINI Cabrio tersedia dengan dua varian mesin, menghadirkan sensasi berkendara go-kartdan keseruan berkendara khas MINI,” tambah Karen.
Desain eksterior: sporty, elegan, berkualitas tinggi – produk dari sebuah evolusi progresif.
Desain eksterior new MINI Cabrio secara otentik mengekspresikan sebuah keseruan berkendara, teknologi mutakhir dan karakteristik premium yang disempurnakan, dikaitkan dengan pergantian generasi di MINI Cabrio. Edisi baru kendaraan atap terbuka dengan 4 kursi ini adalah hasil dari sebuah evolusi progresif dan mencerminkan karakter yang menonjol. Desain permukaan dan garis khas MINI menjamin penampilan yang berkualitas tinggi, baik saat soft top dalam keadaan terbuka maupun tertutup. Keseimbangan yang khas antara kesan sporty dan elegan merupakan karakteristik new MINI Cabrio ditekankan dengan siluet memanjang, chrome band yang membentang secara horizontal di sepanjang shoulder line, overhang pendek dan permukaan-permukaan dengan tampilan yang ekspresif. New MINI Cabrio juga menampilkan fitur-fitur desain tradisional yang telah disempurnakan lagi untuk generasi model terbaru. Lampu depan bundar dengan lingkar krom, grille radiator hexagonal, indikator pada sisi samping yang dikenal sebagai side scuttle, dan pinggiran hitam di sekitar ujung bawah badan kendaraan, keseluruhannya brand premium Inggris. Tersedia dalam eksterior Chrome Line, saluran masuk udara di bagian bawah juga dilengkapi dengan cincin krom. Tampilan sporty The New MINI Cooper S Cabrio ditonjolkan dengan pembuka tambahan pada penutup kompartemen mesin dan saluran rem udara pada saluran masuk udara di bagian bawah.
Proporsi khas brand MINI pada new MINI Cabrio dapat jelas dilihat dari sisi samping. Saat dibuka, soft top terlipat dengan rapi dibalik deretan kursi belakang. Hal tersebut memberikan efek laiknya cabriolet klasik berupa siluet memanjang yang elegan. Keanggunan yang sporty juga terpancar di bagian belakang new MINI Cabrio. Di generasi terbaru MINI Cabrio, seperti sebelumnya, bagasi kendaraan terbuka ke arah bawah dan dapat menampung beban hingga 80 kilogram, dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang bawaan. Ketika soft top ditutup, kompartemen bagasi juga dapat dibuka dengan lebih luas berkat fungsi Easy Load. Dua pengunci memungkinkan rangka soft top diayunkan lebih tinggi dibandingkan model pendahulunya untuk menyimpan barang-barang bawaan yang berukuran besar.
Kompartemen bagasi new MINI Cabrio memiliki volume 160 liter ketika soft top dibuka dan 215 liter ketika ditutup. Ini berarti new MINI Cabrio memiliki kapasitas bagasi sekitar 25 persen lebih besar daripada model pendahulunya. Model ini memiliki 50:50 splitstandar dan sandaran punggung yang dapat dilipat, serta fasilitas through-loading yang telah diperluas sebanyak 8 milimeter menjadi 734 milimeter, memudahkan pengendara menyimpan peralatan perjalanan, barang-barang bawaan berukuran besar yang diperlukan ketika berwisata ataupun melakukan aktivitas sehari-hari dengan aman. Selain itu, peredam suara yang dioptimalkan untuk bagasi dan kompartemen soft top meningkatkan kenyamanan akustik ketika berkendara baik dengan atap terbuka maupun tertutup.




Full electric Soft top berbahan tekstil hadir tanpa suara, fungsi atap geser dan varian desain MINI Yours yang unik.
Fungsi standard soft top berbahan tekstil adalah untuk melindungi penumpang MINI Cabrio dari cuaca dan terpaan angin. Soft topyang dirancang untuk edisi baru dari kendaraan atap terbuka dengan 4 kursi ini, meliputi trim yang dioptimalkan untuk penyambung atap konvertibel dan rangka jendela belakang yang berkualitas tinggi. Hal ini membuat new MINI Cabrio dapat digunakan sepanjang tahun dan didukung dengan insulasi akustik yang lebih dioptimalkan. Untuk pertama kalinya, pengoperasiansoft top di new MINI Cabrio hanya menggunakan penggerak elektrik, oleh karenanya hampir tidak menimbulkan suara.
Untuk kenikmatan atap terbuka yang spontan dan reaksi cepat terhadap perubahan cuaca yang mendadak, soft top dapat dengan otomatis dibuka dan ditutup ketika berkendara dengan kecepatan hingga 30 km/jam. Proses buka tutup dapat dilakukan dengan menekan tombol yang terdapat di rangka atap depan.  Dalam jangka waktu 18 detik, rangka jendela dan jendela samping akan turun lalu soft top akan ditarik. Penutupan soft top dijalankan dengan urutan sebaliknya dan dalam jangka waktu yang sama. Tombol khusus kendaraan konvertibel juga tersedia di panel kontrol yang terletak di trim pintu di bagian pengemudi untuk fungsi atap geser yang memungkinkan bagian depan atap untuk ditarik dengan tingkatan yang bervariasi hingga 40 sentimeter. Pasokan udara yang dikendalikan juga dapat diaktifkan dengan tombol di rangka atap dan juga dapat digunakan pada kecepatan apapun.
Fitur perlengkapan khusus yang tersedia untuk pertama kalinya adalah soft top MINI Yours, meliputi grafik tenun yang terpadu – cara inovatif dan unik untuk mempersonalisasi new MINI Cabrio. Mengingat Inggris sebagai asal muasal brand MINI, grafik atap new MINI Cabrio juga tersedia dengan motif Union Jack berwarna hitam dan abu-abu dengan pola herringbone yang mewah. Pilihan warna juga tersedia lebih banyak dengan beberapa tambahan warna baru. Untuk pertama kalinya, varian warna metalik Caribbean Aqua tersedia untuk New MINI Cabrio. Sebagai tambahan, terdapat sembilan warna metalik lainnya dan dua warna non-metalik yang dapat dipilih.
Interior: desain berkualitas tinggi untuk pengalaman berkendara eksklusif.
Kaca depan mobil yang tegak dan garis bahu yang memanjang pada new MINI Cabrio menjamin kenikmatan berkendara dengan atap terbuka yang intens. Terlebih lagi, interior new MINI Cabrio menampilkan desain yang mewah dan harmonis, yang dibuat dengan material dan keahlian tangan premium, dan juga ruang kabin yang lebih jauh lebih lapang dibandingkan model pendahulunya. Permukaan kursi yang diperluas dan ruang kepala yang lebih tinggi juga menambah kenyamanan di bangku baris kedua. Karakter kursi-tunggal di dua kursi belakang menghasilkan dukungan lateral yang optimal. Ruang lutut juga diperluas hingga 36 milimeter. Karakter dewasa dari kendaraan atap terbuka dengan 4 kursi ini juga dicerminkan dengan detail desain yang akurat. Contohnya, pengunci sabuk di barisan depan dan belakang didesain dengan gaya yang sama, dengan pegangan di bagian belakang yang juga berfungsi sebagai pelindung dari resiko terguling.  Pelindung matahari, penutup A-column, landasan udara dan panel kontrol untuk rangka atap dirancang dengan gaya yang elegan. Selaras dengan fitur desain dari generasi baru MINI – elemen kokpit, tampilan dan kontrol juga trim pintu – menciptakan nuansa moderen dan premium. Untuk desain interior yang disesuaikan dengan gaya personal, terdapat beragam pilihan warna kain pelapis, permukaan interior, dashboard, Colour Lines dan fitur lainnya meliputi Chrome Line untuk interior, dan tiga varian dari gaya interior MINI Yours dan juga paket pencahayaan.


Keseruan berkendara MINI dengan mesin MINI TwinPower Turbo Technology 3 dan 4 silinder.
Generasi terbaru mesin MINI TwinPower Turbo Technology 3 dan 4 silinder memastikan keseruan berkendarara yang lebih dengan efisiensi yang dioptimalkan pada new MINI Cabrio. Mesin bensin MINI Cooper Cabrio dan MINI Cooper S Cabrio meliputiturbocharger, direct fuel injection dengan injector di tengah, variable camshaft control di sisi intake dan exhaust (double VANOS) dan kontrol katup variabel VALVETRONIC, yang telah dipatenkan oleh BMW Group. Dengan kapasitas 2,0 liter, new MINI Cooper S Cabrio dapat menghasilkan output puncak 192 hp dan torsi maksimum 300 Nm dengan fungsi overboost. Penghantaran energi spontan dari mesin memungkinkan akselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 7,1 detik, sementara kecepatan tertinggi new MINI Cooper S Cabrio adalah 228 km/jam. Karakter sporty ini dikombinasikan dengan konsumsi bahan bakar rata-rata hanya 17,8 km/l dan tingkat emisi CO2 131 gram per kilometer.
New MINI Cooper Cabrio memiliki performa luar biasa, berkat mesin bensin 3-silinder yang menghasilkan output puncak 136 hp dari kapasitas 1,5 liter dan juga torsi maksimum 220 Nm pada 1.250 rpm (230 Nm dengan overboost).  Hanya memerlukan waktu 8,7 detik dari kondisi diam hingga mencapai 100 km/jam, sementara kecepatan puncak kendaraan adalah 206 km/jam. Konsumsi bahan bakar rata-rata dari new MINI Cooper Cabrio adalah 19,6 km/l, sementara tingkat emisi CO2 adalah 119 gram per kilometer.
Transmisi rancangan terbaru, teknologi MINIMALISM ekstensif, karakteristik aerodinamis yang optimal, serta pilihan MINI Driving Mode.
Versi baru transmisi Steptronic 6-percepatan kini lebih efisien, nyaman, dan atletis dari sebelumnya. Tranmisi ini menawarkan posisi berkendara baik otomatis maupun manual dengan tombol perpindahan gigi. Teknologi MINIMALISM standar meliputi fungsistart/stop otomatis sejalan dengan transmisi Steptronic, brake energy recuperation, shift point display, dan electromechanical power steering.
Pilihan MINI Driving Mode juga memungkinkan personalisasi kendaraan dengan tombol rotary pada dasar gigi atau tuas tertentu. Sebagai tambahan atas moda standar MID, terdapat pilihan moda SPORT dan GREEN. Penyesuaian ini memengaruhi karakter akselerator, kemudi, dan juga karakteristik perpindahan dari transmisi Steptronic 6-percepatan dan peta program Dynamic Damper Control. Pada moda SPORT contohnya, keseluruhan pengaturan disesuaikan untuk keseruan berkendara aktif.
Sementara itu, moda GREEN mendukung berkendara yang lebih santai dan hemat bahan bakar. Faktor yang berkontribusi disini adalah kontrol efisiensi energi dan manajemen cuaca yang dioptimalkan, juga shift point display. Dengan fungsi coasting, drivetraindipisahkan pada kecepatan antara 50 dan 160 km/jam segera setelah kaki pengemudi lepas dari pedal akselerator.
Suspensi: teknologi optimal dan pengaturan yang akurat sensasi berkendara go-kart khas MINI.
Wheelbase dan track yang lebih panjang dan lebar daripada model pendahulunya, konsep penggerak roda depan khas brand MINI, pusat gravitasi rendah dan teknologi suspensi berkualitas tinggi yang disempurnakan dengan berbagai komponen rancangan baru, menghadirkan standar idealisme untuk karakteristik sensasi go-kart pada New MINI Cabrio. Kombinasi penopang sumbu roda depan tunggal dan as roda belakang multilink yang unik di segmen kendaraan kompak, dan pengaturan suspensi roda, body mounting, suspensi dan peredam kendaraan yang disatukan secara detil untuk karakteristik kendaraan atap terbuka dengan 4 kursi ini menjamin tidak hanya kemudi lincah namun juga kenyamanan berkendara optimal.
Pilihan yang kini hadir untuk pertama kali di MINI Cabrio adalah fungsi Dynamic Damper Control yang dirancang untuk model generasi baru. Dua peta program juga tersedia untuk pengaturan peredam yang diatur secara elektronik. Dengan begini, MINI Driving Mode dapat digunakan untuk mengaktifkan baik respon yang berioentasi pada kenyamanan atau respon spontan dan sporty saat meluncur di jalanan, berdasarkan kebutuhan. Model MINI Cooper Cabrio dilengkapi dengan perlengkapan standar light alloy wheel 16-inci dalam Loop Spoke silver yang tersedia sebagai perlengkapan standar, Sementara MINI Cooper S Cabrio hadir dengan light alloy wheel 17-inci dalam Propeller Spoke two-tone sebagai standar. Sebagai tambahan untuk anti-lock system ABS, kendaraan ni juga memiliki electronic brake force distribution EBD, Cornering Brake Control (CBC), dan sistem kontrol stabilitas berkendara standar yang dikenal dengan DSC (Dynamic Stability Control).





Struktur bodi kokoh, elemen penyangga khusus konvertibel dan perlindungan dari resiko terguling yang tak terlihat.
Komponen berkendara new MINI Cabrio yang tangkas dan aman merupakan hasil dari torsi yang kuat namun dengan berat optimal pada struktur bodi new MINI Cabrio. Sejumlah komponen yang spesifik didesain untuk kendaraan convertible digunakan untuk meningkatkan rigiditas:  penopang torsi di area depan dan belakang underbody, optimisasi selektif di area samping kusen serta piringan kaku di bawah mesin. Struktur penopang berat tangguh, zona deformasi pada desain optimal dan kabin yang sangat stabil merupakan dasar untuk menjaga energi dampak dari penumpang dan memastikan perlindungan bagi penumpang. Lebih jauh lagi,new MINI Cabrio dilengkapi dengan komponen perlindungan dari terguling dengan aktuator yang terhubung dengan komponen keselamatan yang berbasis elektronik. Untuk pertama kalinya, komponen perlindungan dari kemungkinan kendaraan terguling diposisikan tak terlihat. Sesegera mungkin ketika sistem elektronik mendeteksi risiko kendaraan terguling, kedua palang perlindungan yang terbuat dari aluminium akan bekerja dalam 150 milidetik dengan fungsi pyrotechnical bersama bingkai kaca depan khusus konvertibel yang telah diperkuat. Kinerja ini membentuk ruang aman bagi pengendara ketika terjadi risiko terguling.
Konsep keamanan terintegrasi MINI termasuk kantong udara depan sebagai perangkat standar, ditambah kantong udara samping yang diintegrasikan di sandaran kursi, sabuk otomatis 3 titik di seluruh kursi termasuk belt tensioner di depan dan dudukan kursi anak ISOFIX di kursi depan dan belakang. Tampilan tekanan ban untuk setiap ban juga disediakan sebagai fungsi standar. Sementara itu, kompartemen tutup mesin semi aktif, peredam benturan, dan elemen deformasi yang didefinisikan dengan sangat akurat, menjamin keamanan pejalan kaki semaksimal mungkin.
Sistem bantuan pengendara: inovasi untuk kenyamanan dan keamanan lebih.
Bermanuver dengan new MINI Cabrio atap terbuka 4-kursi juga didukung oleh Park Distance Control (PDC), yang dilengkapi oleh sensor di bagian belakang mobil. Perangkat khusus lainnya termasuk lingkar kemudi sport dengan opsi tombol multifungsi, cruise control dengan fungsi pengereman, sensor hujan yang dilengkapi kontrol lampu berkendara otomatis, dan sistem audio hi-fi Harman Kardon.
Visibilitas optimal dan aura menonjol: lampu depan LED, distribusi cahaya adaptif, lampu kabut LED, lighting display danMINI Logo Projection.
Sebagai fitur khas brand MINI, lampu bundar new MINI Cabrio memiliki lingkaran krom lebar dengan interior yang terstruktur jelas. New MINI Cabrio dilengkapi dengan lampu depan dan lampu kabut LED. MINI Excitement Package juga mencakup lighting displaypada instrumen tengah yang terhubung dengan prosedur operasi terpilih dan situasi berkendara serta proyeksi logo MINI dari cermin eksterior pada sisi pengemudi ke lantai dari depan pintu. Fitur ini diaktifkan saat kunci mobil dibuka.
Baru dari MINI Connected: MINI Streetwise dan fungsi peringatan hujan.
MINI Connected juga tersedia sebagai bagian dari Profesional, sistem navigasi MINI. Sistem ini menawarkan integrasi komprehensif ponsel pintar di dalam mobil, memungkinkan penggunaan layanan berbasis internet untuk infotainment, komunikasi dan pengalaman berkendara melalui aplikasi. Operasi juga intuitif dan merefleksikan gaya khas MINI, menggunakan MINI Controller di konsol tengah dan colour display di instrumen tengah. Versi terbaru MINI Connected App terdiri dari fungsi baru dan eksklusif untuk meningkatkan kenyamanan dan keseruan berkendara. Fungsi pencarian online mempermudah untuk pencarian alamat. Sementara itu, Sports Instruments dan aplikasi Force Meter dapat digunakan untuk menampilkan informasi pada instrumen tengah, seperti tingkat tenaga mesin saat ini dan torsi yang digunakan, serta akselerasi longitudinal dan transversal. Lebih lanjut, fungsi Streetwise tersedia untuk pertama kalinya di model ini, memberikan tips bagi pengemudi terkait rute terbaik sebelum perjalanan dimulai. Fitur sistem navigasi MINI Professional meliputi komputer dengan layar 8,8 inci dan MINI Touch Controller dengan permukaan yang sensitif terhadap sentuhan.
Harga, MINI Service Inclusive, Garansi, dan BMW Group Tire Coverage.
New MINI Cooper Cabrio ditawarkan dengan harga Rp 639.000.000 off-the-road sementara New MINI Cooper S Cabrio ditawarkan dengan harga Rp 789.000.000 off-the-road. New MINI Cabrio akan tersedia di Maxindo, MINI’s Authorized Dealer di Indonesia, mulai hari ini.
Seluruh kendaraan MINI yang dibeli dari MINI Maxindo dilengkapi dengan MINI Service Inclusive, menawarkan perawatan bebas biaya selama 5 tahun atau hingga 70.000 km dan 36 bulan garansi tanpa batasan jarak. Kendaraan MINI juga dilindungi BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun, meliputi pergantian maksimal 4 buah ban per tahun senilai hingga 100 persen mencakup harga ban dan biaya jasa, yang meliputi kerusakan diakibatkan oleh tertusuk benda tajam, ban benjol akibat benturan, bocor, sobek atau kendaraan terus melaju dalam keadaan ban kempes. Ban tersebut akan diganti dengan ban asli sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
MINI DI GAIKINDO INDONESIA INTERNATIONAL AUTO SHOW (GIIAS) 2016 MINI DI GAIKINDO INDONESIA INTERNATIONAL AUTO SHOW (GIIAS) 2016 Reviewed by Riza Firli on 22.41.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.