5 hal pentingnya pendidikan tinggi di zaman sekarang


Pendidikan adalah proses belajar dan dalam proses belajar itu ada tempatnya yakni sekolah.

Berbicara soal pendidikan, pemerintah saat ini sudah mencanangkan program wajib belajar 12 tahun. Yakni SD selama 6 tahun, SMP 3 tahun, dan SMA/SMK/Sederajat selama 3 tahun. Setelah SMA banyak anak Indonesia yang tidak melanjutkan pendidikannya, lantaran biaya kuliah yang cukup mahal.

Bagi yang beruntung, kamu bisa langsung melanjutkan ke Perguruan tinggi seperti D3 atau S1 bahkan hingga S2. Tapi bagi kamu anak yang kurang beruntung jangan khawatir karena kamu bisa bekerja terlebih dahulu, baru setelah uang terkumpul kamu bisa mengikuti kelas kuliah karyawan pada sore hari.

Sebenarnya kenapa sih kita harus melanjutkan pendidikan setelah SMA ke Perguruan Tinggi? Berikut beberapa hal yang harus kamu pahami alasannya :


1. Cara berpikir kamu akan berubah
sumber: onelife-lifecoaching
Setelah mendapatkan pendidikan di SMA dan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi. Disana kamu akan belajar bagaimana berpikir secara kritis, menganalisa dan menyimpulkan suatu permasalahan. Cara berpikir akan menjadi berbeda, kamu akan memiliki pemikiran yang lebih terbuka dengan hal-hal baru dan pastinya saat kuliah kamu juga bisa mengembangkan diri serta potensi yang kamu miliki.

2. Memperluas pergaulan
sumber: rockhurst.edu
Saat SD hingga SMA mungkin sudah banyak teman yang kamu miliki dari satu wilayah yang sama. Tapi di Perguruan Tinggi, kamu akan menemukan lagi banyak teman dari luar daerah. Dimana pergaulan kamu  menjadi lebih luas dan  kamu akan menjadi lebihmenghormati tentang perbedaan, kebiasaan, dan lainnya.

Setelah lulus dari bangku kuliah, koneksi yang sudah kamu bangun akan berguna sekali saat memasuki dunia kerja, bisnis atau profesional.

3. Menjadi syarat dalam mencari pekerjaan
sumber: glassdoor.com
Coba kamu lihat pada iklan-iklan lowongan kerja yang ada di koran maupun internet. Disitu banyak perusahaan yang mencari kandidat karyawannya dengan syarat pendidikan minimal D3 / S1 dan yang memiliki pengalaman lebih diutamakan.

Zaman sekarang jika kamu hanya mengandalkan ijazah SMA untuk berkarier di dunia kerja, rasanya akan sulit bersaing untuk mengejar karier yang kamu impikan. Kecuali, kamu adalah orang yang sangat kreatif dan memiliki bisnis sendiri untuk dikembangkan.

4. Orang berilmu akan lebih dihargai
sumber: youthmanual.com
Percaya atau tidak, orang yang memiliki pendidikan tinggi (orang berilmu) akan lebih dihargai oleh masyarakat. Contohnya saja seorang guru atau dosen, ia selalu dihormati oleh murid-muridnya dan lingkungan sekitarnya. Seorang yang berjasa menemukan peswat terbang seperti Pak Habibie, ia tidak hanya di hormati di Indonesia tapi juga di luar negeri.

5. Tidak ada ruginya
sumber: cekpremi
Mengeluarkan uang banyak untuk biaya pendidikan sebenarnya kamu tidak akan rugi. Mengapa? Karena pendidikan adalah bekal, ibaratnya pendidikan adalah investasi jangka panjang untuk seumur hidup kamu.

Ingat uang atau harta bisa habis setelah dipakai, tapi ilmu yang didapat bisa kamu gunakan terus menerus, bahkan akan terus bertambah selama kamu terus belajar tanpa henti.



5 hal pentingnya pendidikan tinggi di zaman sekarang 5 hal pentingnya pendidikan tinggi di zaman sekarang Reviewed by segelas info on 19.11.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.