6 Jurusan Kuliah ini Keren Tapi Sepi Peminat!

shares

Setelah lulus Ujian Nasional (UN) siswa-siswi SMA/SMK atau sederajat mulai bingung mencari kampus dan jurusan apa yang akan diambil? Jika mengambil jurusan ilmu ekonomi, psikologi, komunikasi, sosial dan politik mungkin sudah biasa.

Terlebih di universitas-universitas negeri, jurusan-jurusan favorit tersebut sangat ramai dan saking banyaknya peminat maka kamu harus berebut kursi dengan para pendaftar lain. Berikut 6 jurusan seru yang sepi peminat  :

1. Ilmu Perpustakaan
sumber: merdeka

Apa yang kamu pikirkan jika kuliah di jurusan ilmu Perpustakaan? Jika kamu berpikir seorang lulusan ilmu perpustakaan akan menjaga buku-buku tua di perpustakaan. Hal itu salah besar karena kita tidak hanya mempelajari buku tapi juga belajar mengelola informasi, sistem informasi, database, design web, multimedia dan ilmu komputer lainnya.

Karena saat ini zaman sudah berkembang dan teknologi sudah semakin maju. Seorang lulusan ilmu perpustakaan nantinya akan bekerja sebagai seorang ahli informasi, manajer informasi diberbagai instansi negeri maupun swasta. Jadi tidak selalu bekerja di perpustakaan saja.

2. Arkeologi
sumber: ridoua.nl.ogena.net
Jika mengambil jurusan Arkeolog kamu akan mempelajari kebudayaan dan peninggalan manusia di masa lampau. Jurusan ini sangat seru untuk dipelajari buat kamu yang berjiwa petualang, walau di Indoensia jurusan ini agak kurang kurang diminati.

Dan untuk Karier lulusan ilmu arkeolog ia akan menjadi seorang peneliti atau ahli, jika kita lihat di televisi seorang ahli arkeolog dinegara-negara maju sangat didukung dan didanai besar untuk melakukan sebuah penelitian.

3. Sastra Nusantara
sumber: unnes
Dibeberapa perguruan tinggi peminat sastra nusantara atau sastra daerah tidak sepopuler saastra Ingris atau sastra asing lainnya. Memang tidak dipungkiri sastra daerah lebih sulit dipelajari, terlebih bagi yang tidak menggunakan bahasa daerah sebagai bahasa sehari-hari. Tapi seseorang lulusan sastra nusantara bisa bekerja di institusi pendidikan, media masa, pusat pengembangan dan penelitian.

4. Ilmu Filsafat
sumber: andasiallagan92
Mengambil jurusan ilmu filsafat memang agak sedikit aneh terdengar bagi sebagian orang saat ini. Karena sudah belasan tahun ilmu filsafat tidak masuk dalam kurikulum mata kuliah dan hanya jurusan-jurusan tertentu yang mempelajarinya.

Dilansir dari wikipedia filsat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.Namun tak jarang banyak orang tua yang takut kalau anaknya belajar ilmu ini akan merusak keimanan dan kepercayaan pada Tuhan.

5. Ilmu Astronomi
sumber: univbatam

Kalau ditanya kuliah jurusan apa? Ilmu perbintangan, astronomi atau ilmu falak. Rasanya emang jarang banget sih yang ngambil kuliah jurusan ini. Memang mau jadi permal dan mengisi ramalan bintang di majalah? Upss jangan salah sangka ya, karena cabang ilmu ini merupakan ilmu eksak tertua yang banyak mendapatkan perhatian manusia sepanjang zaman. Jika kuliah dijurusan ini kamu mempelajari benda-benda langit seperti bumi, bulan, matahari, bintang dan lainnya di semesta alam.
Jurusan ini juga mempelajari ilmu fisika dan matematika.

Setelah lulus kamu bisa bekerja di lembaga-lembaga penelitian sebagai staf ahli seperti di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasiona l(LAPAN),Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Observatorium Boscha,Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan lembaga penelitian lainnya.

6. Seni Peran
sumber: fftv.ikj
Buat kamu yang suka berakting tidak ada salahnya untuk mengembangkan bakat kamu dengan mengambil jurusan seni peran atau teater. Mungkin bagi sebagian orang jurusan ini kurang diminati karena larangan orang tua atau anggapan banyak orang "mau jadi apa setelah lulus ?"

Namun jangan takut dengan anggapan-anggapan seperti itu, karena kamu tidak hanya belajar berakting tapi juga belajar membuat drama atau mendirect para pemain. Setelah lulus dari jurusan seni peran banyak sekali karier di dunia hiburan yang cukup menjanjikan seperti menjadi pemain teather,pemain film, pemain sinetron, penulis drama atau naskah dan lainnya.


Related Posts