6 Hal gratis yang masih bisa kamu dapatkan di Jakarta

Sumber: Jakarta.go.id
Jakarta merupakan ibu kota dari negara tercinta kita Indonesia. Banyak sekali orang-orang yang datang ke Jakarta untuk mengadu nasibnya agar memiliki kehidupan yang lebih baik, memiliki penghasilan yang lebih baik juga.

Permasalahan biaya hidup di Jakarta, juga cukup mahal. Sebut saja biaya parkir selama satu jam di beberapa mall dan gedung perkantoran Jakarta yakni Rp. 4000,- belum biaya makan, tempat tinggal hingga kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Banyak yang bilang tidak ada yang GRATIS di Jakarta. Namun tunggu dulu ya, berikut 7 hal GRATIS yang bisa kamu dapatkan di Jakarta :

1. Toilet Umum
sumber: themasitox.blogspot.co.id
Jika dahulu menggunakan toilet umum di Jakarta, kamu harus membayar sejumlah uang kecil. Saat ini banyak toilet umum yang disediakan secara gratis. Misalnya di semua SPBU Seven Eleven, Mall, Bioskop hingga kamu juga bisa menggunakan toilet umum yang ada di halte busway.

2. Sekolah
sumber: aktual.com
Saat ini sejak tahun ajaran 2012/2013 program wajib belajar 12 tahun telah diberlakukan. Sekolah-sekolah di DKI Jakarta dari SD - SMA Negeri tidak dipungut biaya sama sekali mulai dari uang gedung, uang bulanan, semesteran, uang ujian, hingga bis sekolah juga disediakan GRATIS.

Walau tidak ada biaya dan pungutan-pungutan lagi, jika kamu dan teman-temanmu berinisiatif memberikan kado perpisahan. Kepada wali kelas sebagai bentuk kenang-kenangan dan tanda terimakasih secara kolektif itu masih sah-sah saja kok.

3. Membaca dan Meminjam Buku di Perpustakaan
sumber: suara jakarta
Buku adalah jendela dunia, banyak membaca kamu akan memiliki banyak pengetahuan. Jika kamu merasa harga buku cukup mahal, kamu bisa mengunjungi perpustakaan yang dimiliki oleh Perpumda DKI Jakarta yang terletak di Gd. Nyi Ageng Serang. Disana disediakan tempat untuk membaca, ruang berdiskusi, koleksi bacaan anak, free wifi, penggunaan komputer selama 30 menit untuk member, dan kamu bisa meminjam buku dengan menjadi member terlebih dahulu secara gratis.

4. Takjil Gratis Saat Bulan Ramadhan
sumber: mobil 123
Pada bulan Ramdhan, bagi kamu yang masih berada di jalan bisa melipir ke berbagai masjid, musholla atau pos pinggir jalan ditengah kemacetan. Biasanya disana ada yang memberikan Takjil (makanan minuman kecil) untuk membatalkan puasa GRATIS.

5. Wifi
sumber: riyardiarisman.com
Kehabisan kuota internet saat akhir bulan? Jangan khawatir kamu juga bisa melipir keberbagai tempat yang memiliki fasilitas wifi gratis misalnya mall, mini market, swalayan, cafe, restoran atau kamu bisa pergi ke halte busway Trans Jakarta karena tiap halte sudah dilengkapi dengan fasilitas Wifi.

6. Kelas Belajar dan PLK
sumber: viva
Bagi kamu yang haus akan ilmu, cobalah cari kelas-kelas seminar gratis yang bisa kamu kunjungi. Misalnya ada Akademi Berbagi yang membuka kelas setiap minggu yang diisi oleh para praktisi dibidangnya masing-masing,  Sekolah Pasar Modal yang diselenggarakan oleh BEI, atau kamu juga bisa mengikuti Pusat Latihan Kerja (PLK).

PLK terdapat di beberapa wilayah yaitu Jakpus, Jakbar, Jaksel, Jakut, Jaktim, PLKPI Pasar Rebo dan PLKKL Condet. Melaksanakan program Pelatihan Reguler untuk para pencari kerja tanpa dipungut biaya.

6 Hal gratis yang masih bisa kamu dapatkan di Jakarta 6 Hal gratis yang masih bisa kamu dapatkan di Jakarta Reviewed by Segelas Info on 23.45.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.