9 Cara Mudah Bagi yang Ingin Mengusai Banyak Bahasa Asing



Memiliki kemampuan bahasa asing saat ini menjadi hal yang sangat penting dalam menghadapi persaingan dunia kerja maupun bagi kamu yang ingin berbisnis. Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) semua orang di negara ASEAN bisa bekerja di Indonesia ataupun sebaliknya, orang Indonesia bisa bekerja di negara-negara ASEAN.

Tentunya dalam menghadapi era ini, kemampuan bahasa Asing seperti Bahasa Inggris sudah menjadi hal wajib. Setelah bisa berbahasa Inggris mempelajari bahasa asing ke-2 juga bisa menjadi nilai tambah dari diri kamu.

Beberapa asing yang juga sering digunakan selain bahasa Inggris diantaranya seperti bahasa Mandarin, Spanyol, Italia, Prancis, Jepang, Jerman, Korea atau bahasa-bahasa asing lainnya sesuai minat kamu.

Jika kamu tertarik ingin mempelajari bahasa asing lainnya dengan cepat, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui :

1. Mempelajari bahasa lebih cepat saat masih kecil?
sumber: mommyconnections.ca 
Banyak orang beranggapan masalah umur adalah kendala untuk mempelajari bahasa. Sebenarnya mempelajari bahasa tidak ada batasan umur, jika daya ingat waktu kamu kecil akan lebih tajam untuk menghafal memang Ya.

Tetapi saat sudah dewasa mempelajari bahasa bisa lebih mudah karena kita sudah bisa mengerti apa itu kata benda, kata sifat, kata kerja dan kita sudah bisa memahami struktur kalimat. Sedangkan anak kecil saat mempelajari bahasa tidak mungkin mempelajari struktur kalimat.

2. Mempelajari bahasa bukan soal menghafal
sumber: cerew.ru
Jika kalian berfikir mempelajari bahasa harus menghafal kosa kata, ini adalah anggapan yang salah. Pertanyaannya "Pernahkah anda disuruh menghafal vocab atau kosakata bahasa Indonesia sewaktu kecil?" Padahal ada banyak arti kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) apakah kamu pernah menghafal isi kamus Bahasa Indonesia?

Waktu bayi sebelum bisa berbicara, Ibu kita mengajari kita bahasa pertama kali dengan menyebutkan kata mama papa lalu kita mengulangnya. Setelah bisa menyebutkan anggota keluarga mereka mengajari nama-nama benda, hewan, sifat dan lainnya yang ada dilingkungan sekitar. Nah, apakah di lingkungan keluarga kita pernah dituntut untuk menghafal kosa kata untuk bisa berbicara? Tentu tidak bukan.

3.  Sulit mempelajari Tata Bahasa atau Grammar?
sumber: Pediaa
Kendala dalam mempelajari bahasa hampir sebagian besar adalah ketika harus mempelajari tata bahasa atau grammer. Sebenarnya kamu harus berbicaralah terlebih dahulu nanti grammer akan mengikuti. Ingatkah saat masih kecil kita tidak pernah memikikan tata bahasa atau grammar seperti SPOK (subjek predikat objek), kalimat majemuk dan lain-lain.

Baru setelah sekolah, setelah kita bisa berbicara dan berkomunikasi tata bahasa atau grammar tersebut dipelajari. Coba saja cari apakah ada seorang ibu mengajari anaknya soal tata bahasa atau grammar ketika anaknya belum bisa berbicara ?

4. Lebih gampang jika kamu menyukai negara tersebut
sumber: kejadian aneh
Akan lebih mudah mempelajari bahasa jika kamu menyukai negara tersebut. Misalnya kamu suka dengan film, lagu dan artis Korea. Maka ketika mempelajari bahasa Korea kamu akan menjadi lebih bersemangat, memiliki rasa ingin tahu dan ingin cepat bisa,

5. Manfaatkanlah Internet 
sumber: buzznet
Jika dulu mempelajari bahasa asing harus mengikuti kursus dan buku. Saat ini kamu bisa mempelajarinya hanya melalui internet. Manfaatkanlah Youtube disana banyak tutorial belajar bahasa, manfaatkan podcast, games, membaca berita, atau kamu juga bisa mengikuti kelas khusus belajar bahasa dengan guru secara online face to face.

6. Dengan Musik
sumber: kidscape.ca
Agar lebih menyenangkan cobalah kamu mempelajari bahasa lewat musik. Dengan mendengarkan lagu kamu akan mendapatkan banyak kata-kata baru. Semakin banyak lagu yang kamu bisa ikuti maka kosa kata kamu akan semakin banyak.

7. Menonton Film
sumber: kbctv
Tontonlah film secara berulang-ulang. Pertama cobalah untuk menonton menggunakan teks bahasa Indonesia setelah sudah mengerti jalan ceritanya. Cobalah menggunakan teks bahasa asli misal film bahasa inggris dengan teks bahasa inggris juga setelah itu tonton lagi tanpa menggunakan teks.

8. Memiliki Teman Penutur Asli
sumber: englishchat247
Ketika komunikasi semakin mudah dengan internet, Anda bisa mencari teman di negara manapun tanpa batas dengan memanfaatkan sosial media. Carilah teman di negara yang bahasanya sedang kamu pelajari, dengan memiliki teman penutur asli maka kamu akan semakin pandai karena rajin berkomunikasi.

9. Jangan belajar lebih dari satu bahasa secara bersamaan
sumber: republika.co.id
Saat mempelajari bahasa baru, kamu jangan mempelajari bahasa asing lainnya secara bersamaan. Lebih baik pelajari dulu 1 bahasa asing, jika sudah bisa dan lancar pelajari lagi bahasa lainnya.

Mengapa tidak boleh secara bersamaan? Karena kamu akan bingung jika mempelajari secara bersamaan. Bisa jadi kamu akan salah dan tercampur-campur bahasa.

9 Cara Mudah Bagi yang Ingin Mengusai Banyak Bahasa Asing 9 Cara Mudah Bagi yang Ingin Mengusai Banyak Bahasa Asing Reviewed by Segelas Info on 19.15.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.