Tingkatkan Kesejahteraan Petani Indonesia


Salah satu petani mitra PT Mega Inovasi Organik sedang membawa air nira yang diambilnya dari lahan pertanian kelapa organik.

Mega Inovasi Organik Tingkatkan Pendapatan 2500 Petani di Indonesia Sebesar 50% dengan Jadikan Produk Petani Bertaraf Internasional

PT Mega Inovasi Organik (MIO), sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang agrikultural organik yang berdiri sejak tahun 2011 dan merupakan perusahaan pertama serta satu-satunya di dunia sebagai penghasil gula kelapa organik yang bersertifikasi Fairtrade oleh Lembaga Fairtrade Internasional (FLO-Cert) telah berhasil bekerjasama dengan lebih dari 2.500 petani organik di berbagai daerah di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan petani dengan mengembangkan produk organik premium berstandar Internasional. Hal ini sejalan dengan program nawacita pemerintah Jokowi-JK khususnya dalam hal meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.

“Petani Indonesia adalah ujung tombak bangsa Indonesia sebagai negara agraris. Oleh karena itu, kesejahteraan petani menjadi cerminan majunya bangsa ini. PT Mega Inovasi Organik terinspirasi dari kehidupan para petani di daerah Kulonprogo mengupayakan untuk meningkatkan kualitas hidup para petani gula kelapa di berbagai daerah di Indonesia dengan memberikan pelatihan dan fasilitas untuk menghasilkan produk bertaraf internasional” ujar Dippos Naloanro Simanjuntak, founder dan CEO PT Mega Inovasi Organik.

MIO bekerjasama dengan lebih dari 2.500 petani organik di berbagai daerah di Indonesia diantaranya Kulonprogo, Magelang, Purworejo, Kebumen, dan Pontianak untuk menghasilkan produk berkualitas premium langsung dari dari lahan pertanian organik yang kemudian diproses secara tradisional dengan menjaga standar mutu kesehatan produk. Hingga tahun 2016, MIO telah memproduksi enam jenis produk agrikultur organik berkualitas ekspor yaitu gula kelapa organik, virgin coconut oil organik, sirup nira kelapa organik, kemukus organik, cabe jawa organik, dan vanilla organik.

Air nira yang sudah diambil kemudian dimasak hingga mengental dan mengkristal dengan menggunakan tungku dan kayu bakar, proses produksi ini dilakukan secara tradisional untuk memastikan kualitas organik produk.

MIO terus berkembang sejalan dengan program nawacita pemerintah Jokowi-JK yang saat ini sedang digalakkan khususnya pada butir keenam yaitu meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. MIO berupaya untuk meningkatkan produktivitas para petani dengan memberikan pelatihan, membentuk kelompok tani, meningkatkan fasilitas produksi, dan membangun infrastruktur desa. MIO juga merupakan perusahaan pertama yang mendirikan koperasi Fairtrade pertama di Pulau Jawa dengan nama Koperasi Simpan Pinjam Karya Manunggal Sejahtera yang didirikan untuk mengelola premi Fairtrade yang digunakan untuk kesejahteraan para petani dan keluarga.

“Kualitas hasil produksi para petani Indonesia yang telah memenuhi standar internasional ini mendapatkan respon yang sangat positif di pasar internasional. Kami sudah mengikuti berbagai ajang pameran produk makanan Internasional seperti di Jerman, London, Prancis, China serta di Indonesia sendiri dengan bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan RI dan Kementrian Perindustrian RI. Hasilnya, produk organik Indonesia ini sangat diminati oleh konsumen internasional dan permintaan pun terus meningkat. Hal ini menjadikan kesejahteraan para petani semakin baik, terlebih para petani gula kelapa organik dengan merek menoreh yang menjadi produk dengan angka peminat tertinggi di pasar ekspor MIO. Oleh karena itu, saat ini kami pun ingin agar masyarakat Indonesia juga dapat menikmati sehatnya Menoreh Gula Kelapa Organik hasil pertanian Indonesia yang sudah dapat diperoleh dengan membeli secara online” tambah Dippos Naloanro Simanjuntak, Founder dan CEO MIO.

Abu Toyib, salah seorang petani di desa Tepus, Kulonprogo, Yogyakarta mengatakan, “PT MIO yang selama ini membimbing saya yang tadinya saya hanya bisa membuat gula cetak hingga akhirnya bisa membuat gula semut yang bisa menembus ke dunia internasional. Kami yang sebelumnya hanya petani deres dapat menjadi semakin sejahtera. Harapannya masyarakat semakin sukses dan juga usaha kami maju.”

Visi MIO untuk menyejahterakan petani Indonesia kian membuahkan hasil. Kerjasama antara MIO dan para petani untuk memproduksi produk pertanian organik bertaraf internasional ini telah meningkatkan lebih dari 50% pendapatan serta meningkatkan kualitas hidup para petani. Hal ini membuktikan bahwa dengan ketekunan dalam meningkatkan produktivitas, petani Indonesia memiliki kualitas yang sangat baik. Demikian pula dengan hasil produksi tani organik Indonesia yang dapat bersaing di kancah internasional. Hal ini menjadi bentuk dukungan dan perwujudan terhadap program nawacita pemerintah untuk meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. 

Gula menoreh kemasan premium 250gr yang sudah dapat diperoleh secara online di Indonesia.

Tingkatkan Kesejahteraan Petani Indonesia Tingkatkan Kesejahteraan Petani Indonesia Reviewed by segelas info on 01.45.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.