IWAN TIRTA PRIVATE COLLECTION S/S 2018





“Mengapresiasi akar budaya dan melakukan terobosan agar senantiasa relevan dalam setiap masanya.”

Sebagai sebuah batik house, Iwan Tirta Private Collection berkomitmen untuk selalu merepresentasikan karya yang tidak hanya sekedar istimewa tetapi juga mampu mengapresiasi akar budaya dan melakukan terobosan agar senantiasa relevan dalam setiap masanya. Beberapa kolaborasi bahkan akan dilakukan oleh Iwan Tirta Private Collection sepanjang 2018 agar dapat menciptakan karya seni batik dengan jangkauan segmen yang lebih luas.  Selaras dengan ide tersebut, Iwan Tirta Private Collection mengusung tema “Nuswantara” untuk rangkaian koleksi tahun ini.  “Nuswantara” sendiri adalah pengejawantahan dari kata Nusantara sebagaimana wilayah negara Indonesia yang terdiri dari beberapa pulau dengan segala budayanya.  Batik sendiri sangat erat dengan kultur di Jawa Tengah, namun untuk tema koleksi “Nuswantara”, Iwan Tirta Private Collection menampilkan tidak hanya motif batik yang berasal dari Jawa Tengah saja tetapi juga berbagai daerah di Indonesia.

Panggung Plaza Indonesia Fashion Week 2018 akan sekaligus menjadi premiere launching tema koleksi “Nuswantara” untuk Spring/Summer 2018. Dalam rangkaian koleksi, “Nuswantara Spring/Summer 2018”, yang dikerjakan oleh tim kreatif Iwan Tirta Private Collection akan menampilkan kombinasi motif Boketan dan Hokokai yang sangat feminin serta banyak dipengaruhi dari budaya Eropa dan Jepang, dengan, teknik detail batik menyerupai gradasi yang biasanya tampil pada motif Megamendung.  Sebanyak 24 koleksi pakaian wanita ready-to-wear dengan dominasi warna biru, ungu, marun, hitam dan putih ini hadir dalam material organza, cotton viscose, satin silk yang dikombinasikan dengan kain tenun. Untuk pagelaran koleksi “Nuswantara Spring/Summer 2018” didukung oleh Rinaldy Yunardi untuk aksesoris dan Marista Santividya untuk sepatu.

Dalam Plaza Indonesia Fashion Week 2018 ini juga akan menghadirkan koleksi kolaborasi bersama dengan desainer fashion Auguste Soesastro bersama lini KRATON Auguste Soesastro sebagai penutup show “Kain” persembahan Plaza Indonesia pada Jumat, 23 Maret 2018 yang akan datang. KRATON yang juga berarti istana adalah lini fashion yang didirikan oleh Auguste Soesastro pada tahun 2008 di kota New York, Amerika Serikat.  Konstruksi desain sederhana yang menjadi kekuatan desain Auguste Soesastro akan berpadu dengan desain motif batik khas Iwan Tirta Private Collection yang tegas dan besar sehingga menjadi satu kesatuan desain yang anggun dan bersahaja.  Dalam perjalanan koleksinya, “KRATON” kerap menampilkan koleksinya dengan penggunaan kain-kain tradisional Indonesia salah satunya batik.

Untuk koleksi kolaborasi Iwan Tirta Private Collection bersama KRATON Auguste Soesastro, sebanyak 20 koleksi pakaian wanita ready-to-wear akan ditampilkan.  Jumpsuit hingga outer dalam garis desain pakain khas Auguste Soesastro akan tampil dalam batik Iwan Tirta Private Collection dalam nuansa palet monokrom dengan penggunaan kain ATBM dan katun serta kain dengan aksen prada.

Seluruh koleksi “Nuswantara Spring/Summer 2018 dan koleksi kolaborasi Iwan Tirta Private Collection dengan KRATON Auguste Soesastro dapat dijumpai di flagship gallery Iwan Tirta Private Collection, Galeria Grand Hyatt – Plaza Indonesia lantai 3.





IWAN TIRTA PRIVATE COLLECTION S/S 2018 IWAN TIRTA PRIVATE COLLECTION S/S 2018 Reviewed by segelas info on 01.33.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.