Yuk Cari Tahu Perbedaan Pebisnis dan Pedagang

shares

source : yourstory.com


Tahukah kamu? Kalau teori ekonomi  yang dipelajari di sekolah ternyata kurang mampu membuat kita untuk bisa memahami perbedaan “pebisnis” dan “pedagagang”.

Sering kali kita beranggapan berdagang adalah bagian dari bisnis ataupun sebaliknya. Padahal sebenarnya berdangang dan berbisnis dua hal yang berbeda.

Hal serupa juga pernah disampaikan oleh financial adviser Aakar Abyasa Fidzuno “Suatu ketika saya pernah memiliki seorang klien yang memiliki tujuh cabang usaha. Namun ternyata sebenarnya klien saya tersebut bukanlah seorang pebisnis melainkan hanya pedangang”, ungkapnya.

Lalu, apa yang membedakan seorang pebisnis dan pedagang ? Berikut beberapa hal yang harus kamu pahami : 

Memiliki Seorang Akuntan
Cara mudah untuk membedakan pedagang dan pebisnis yang pertama adalah apakah ditempat usahanya tersebut memiliki seorang akuntan atau bagian keuangan tersendiri.
Jika ya, berarti orang tersebut sudah bisa dibilang pebisnis karena seorang pebisnis harus memiliki perhitungan yang matang, memiliki laporan keuangan yang lengkap dan rapih sehingga ia bisa tahu kondisi keuangan perusahaannya saat ini dan masa mendatang.

Memiliki Visi Misi Jauh Kedepan
Berdagang memiliki sifat mengambil keuntungan secara instan. Sedangkan berbisnis memiliki sifat jangka panjang sehingga dibutukan visi misi dan perencanaan jauh kedepan.

Banyak orang mampu berdagang, tetapi hanya sedikit yang memiliki visi besar menjadi pebisnis. Dan inilah yang membuat pengusaha kaya jumlahnya sangat sedikit tetapi mereka mampu menguasai 80% perputaran uang dan pengusaha kecil memperebutkan 20% sisanya.

Tidak Bekerja Sendirian
Seorang pedagang biasanya bekerja seorang diri atau jika memiliki pegawai, pegawai tersebut hanya membantu kegiatan penjualan atau produksi semata. Bukan membantu, untuk pengembangan bisnis.
Sedangkan seorang pebisnis, membentuk organisasi dan merekrut orang-orang profesional untuk mengembangkan bisnisnya. Bahkan mereka melakukan go public dengan melakukan IPO di lantai bursa.

Kegiatan Pemasaran
Baik pebisnis dan pedagang sama-sama melakukan kegiaan pemasaran, namun cara dan strateginya yang berbeda.  Jika pedagang melakukan pemasaran di satu tempat dan dengan cara berteriak-teriak.

Seorang pebisnis lebih berpikir bagaimana produknya bisa menarik perhatian. Seperti menggunakan packaging yang bagus, melakukan  kegiatan pemasaran online dan offline untuk meningkatkan brand awareness, hingga menggunakan creative agency atau advertising untuk memenangkan posisinya di industri tersebut.




Related Posts