Mark Zuckerberg, Menjadi Miliarder Sebelum 30 Tahun

source: cnet
Seringkah Anda menggunakan Facebook? Facebook adalah jejaring sosial terpopuler di dunia yang didirikan sejak 2004 dan memiliki jumlah pengguna aktif 1,7 miliar secara global tiap bulan.

Facebook terus berinovasi dengan mengembangkan berbagai fitur agar terus diminati oleh para penggunanya. Selain itu, Facebook menguatkan posisinya dengan mengakuisisi beberapa aplikasi seperti Instagram, WhatsApp dan MSQRD.

Tentu ada orang hebat di belakang kesuksesan Facebook. Ia adalah Mark Zuckerberg. Pria kelahiran 1984 ini, membuat Facebook ketika masih berstatus mahasiswa di Universitas Harvard.

Sejak kecil Zuckerberg suka mengu­tak-atik komputer, mencoba berbagai program komputer dan belajar membuatnya. Di Harvard, Zuckerberg menemukan ide membuat direktori mahasiswa karena universitasnya tidak membagikan buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas.

Harvard menolak usul tersebut karena memiliki alasan tersendiri. Meski ditolak, Zuckerberg membuat proyek pertamanya yang bernama Coursematch.com. Situs ini, memungkinkan teman-teman sekelasnya untuk berkomunikasi satu sama lain.

Pada tahun kedua, Zuckerberg meretas data dan foto sejumlah mahasiswa Harvard dan memasukannya ke dalam website buatannya bernama Facemash. Pada foto-foto tersebut, ia juga menambahkan sebuah kalimat yang membandingkan dua buah foto dan meminta para pengunjung untuk menentukan mana foto yang paling hot atau cantik.

Sejak website tersebut diluncurkan, banyak para mahasiswa yang marah dan meminta Zuckerberg menutup website tersebut. Pihak Harvard juga mengetahui hal ini dan memperkarakan Zuckerberg karena mencuri data mahasiswa.

Zuckerberg meminta permohonan maaf, namun tidak menyesali perbuatan tersebut. Sebab, ia merasa informasi tersebut harus tersedia secara online.

Kemudian, Zuckerberg membuat situs baru bernama thefacebook.com yang merupakan penyempurnaan dari Facemash. Situs yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 tersebut, memiliki tujuan sebagai wadah pertemanan dan komunikasi sesama mahasiswa Harvard.

Hanya dalam waktu 24 jam sejak situs thefacebook diluncurkan, ada 1200 mahasiswa Harvard yang telah bergabung. Jumlah ini, setara dengan setengah jumlah mahasiswa tingkat akhir di Harvard.
Tak lama setelah peluncuran Thefacebook, co-founder Nepster, Sean Parker menemukan situs Thefacebook di komputer pacarnya. Kemudian Parker pergi ke New York untuk bertemu Zuckerberg dan menjadi penasihat secara tidak formal.

Thefacebook mendapatkan investasi pertama pada Juni 2004 dari Peter Theil, founder PayPal senilai 500 ribu dollar AS sebagai ganti dari 10.2 persen saham perusahaan. Akhir 2004 thefacebook telah mencapai 1 juta pengguna dan menjaring lebih dari 30 kampus.

Agustus 2005, Thefacebook berganti nama menjadi Facebook dengan harga 200 ribu dollar AS. Facebook juga mendapatkan banyak investor serta bekerjasama dengan Apple dan Microsoft.
Akhir 2005,  Facebook telah tersebar di Amerika, Mexico, Canada, Inggris, Australia, dan Irlandia.
Meski mendapatkan banyak investor, tahun-tahun berikutnya Facebook sempat mengalami kerugian hingga 3,6 juta dollar AS dan harus menjual sahamnya.

Untuk mengembangkan Facebook versi mobile. Facebook mendapat kucuran dana sebesar 25 juta dollar AS dari Greylock Partners dan Meritech Capi­tal Partners.

Oktober 2007, Microsoft membeli saham Facebook sebanyak 1,6 persen dengan nilai 240 juta dollar AS. Sehingga nilai perusahaan Facebook setara 15 miliar dollar AS kala itu.

Pada 2010, Zuckerberg terpilih sebagai Person of the Year versi majalah Time. 2011 kekayaan pribadinya ditaksir mencapai 17,55 miliar dollar AS. Sedangkan pada 2015, menurut Forbes total kekayaan Zuckerberg mencapai 35,8 miliar dollar AS.

Meskipun memiliki kekayaan sebanyak itu, di usia sangat muda. Kehidupan pribadi Zuckerberg terkenal sebagai sosok yang sangat sederhana.

Ketika bekerja, Zuckerberg selalu memakai kaos abu-abu yang sama setiap hari. Bahkan ia kerap dicap sebagai pria dengan fesyen terburuk oleh sejumlah media gaya hidup di Amerika.
Jika banyak miliarder menggunakan mobil-mobil mewah berharga fantastis, Zuckerberg  hanya menggunakan mobil seharga 30 ribu dollar AS.

Bahkan, pesta pernikahan Zuckerber dengan Priscilla Chan pada 2012 lalu,hanya dilakukan di halaman rumahnya di Palo Alto, California dan dihadiri sekitar 100 orang undangan.

Menjadi seorang pemimpin tertinggi di Facebook, tidak membuat Zuckerberg menjaga jarak dengan para karyawan. Ia sering duduk satu meja demi membangun kedekatan dan kerjasama yang baik dengan para karyawannya.

Mark Zuckerberg, Menjadi Miliarder Sebelum 30 Tahun Mark Zuckerberg, Menjadi Miliarder Sebelum 30 Tahun Reviewed by segelas info on 20.46.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.