Alasan untuk beralih ke kamera mirrorless


Bila Anda tertarik mendalami fotografi, memiliki sebuah kamera adalah langkah awal untuk memulainya. Namun, seringkali memilih kamera menjadi dilema dengan pertanyaan, kamera apa yang cocok bagi fotografer pemula? Digital Single-lens Reflects (DSLR) ataukah kamera mirrorless ?

Pada dasarnya, pemilihan jenis kamera akan kembali lagi terhadap kebutuhan masing-masing karena alat hanyalah faktor pendukung. Hal yang terpenting dalam fotografi adalah ide kreatif orang di balik lensa dan pemanfaatan alat fotogtafi secara maksimal.

Perbedaan utama kamera DSLR dengan mirrorless terletak pada cermin. Kamera DSLR memiliki cermin yang berfungsi memantulkan gambar ke jendela bidik, sedangkan mirrorless menghilangkan bagian cermin tersebut.

Bagi Anda yang berniat untuk membeli kamera, berikut keunggulan kamera mirrorless yang bisa Anda pertimbangkan.

Ukuran lebih kecil
Jika dibandingkan dengan DSLR, mirrorless memiliki ukuran kamera lebih kecil dan kompak sehingga lebih praktis dan ringan dibawa ke mana-mana. Kamera ini cocok untuk Anda yang sering bepergian dan hobi mengabadikan momen setiap kali melancong.

Lebih cepat
Hilangnya cermin pada kamera mirrorless bukanlah tanpa alasan. Selain membuat bobotnya lebih ringan, kemampuan menangkap gambar kamera mirrorless juga jauh lebih cepat sebab pantulan gambar langsung mengenai sensor.

Kualitas gambar
Gambar yang dihasilkan kamera mirrorless saat ini tidak diragukan lagi, bahkan sudah setara dengan kamera DSLR. Para produsen kamera pun berlomba-lomba berinovasi mengembangkan teknologi mirrorless, Panasonic Lumix salah satunya.

Dalam mengembangkan kebutuhan foto dan video, seri-seri kamera Lumix termasuk seri entry modelsudah dibekali kemampuan untuk merekam video dengan resolusi 4K dan memiliki fitur 4K Photo. Fitur yang dibenamkan dalam kamera Lumix tersebut memungkinkan pengguna untuk merekam video 30fps dan menangkap rekaman video menjadi gambar beresolusi tinggi yang dapat disimpan dalam format 8MP JPEG.

Selain itu, 5-axis optical image stabilizer (OIS) telah dibenamkan dalam beberapa seri kamera Lumix sehingga mampu menghasilkan tangkapan gambar yang lebih sempurna, tajam, dan detail dalam berbagai kondisi.

Lensa dapat diganti
Lensa pada kamera mirrorless juga dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan. Bila sebelumnya Anda adalah pengguna DLSR dan sudah berinvestasi pada lensa pun tak perlu khawatir. Dengan bantuan adaptor, Anda bisa menggunakan lensa DSLR di kamera mirrorless.

Kamera Lumix merupakan kamera mirrorless yang sudah menggunakan sensor Micro Four Third (MFT). Selain lensanya dapat dilepas pasang dengan mudah, umumnya lensa memiliki ukuran lebih kecil dan compact, sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh pengguna yang memiliki mobilitas tinggi.

Konektivitas
Selain kualitas gambar, faktor konektivitas juga bisa menjadi pertimbangan Anda untuk beralih ke mirrorless. Seri kamera Panasonic Lumix sudah dilengkapi dengan konektivitas WIFI sehingga memudahkan Anda untuk berbagi foto dan video melalui aplikasi Panasonic Image App yang dapat diunduh langsung ke gawai Anda.


Riza Firli/Beritagar/ Panasonic/ 6 OKT 2017
Alasan untuk beralih ke kamera mirrorless Alasan untuk beralih ke kamera mirrorless Reviewed by Riza Firli on 20.32.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.