Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jeni-jenis Fintech di Indonesia



Fintech merupakan singkatan dari financial technology yang menggabungkan teknologi dan keuangan. Sehingga dapat menjadi solusi keuangan di era modern.


Bagi masyarakat umum, fintech identik dengan aplikasi dompet digital atau aplikasi pinjaman online. Padahal ada banyak produk fintech diluar itu, seperti fintech pembiayaan, transfer dana, dan fintech yang dimiliki oleh bank sebagai digital banking yang terpisah dari Bank konvensional.

Berikut jenis-jenis fintech yang sedang berkembang di Indonesia :


Peer to peer lending

Merupakan fintech yang menghubungkan debitur (pihak peminjam) dengan pihak kreditur (pemilik dana).  Untuk pemberi pinjaman nantinya akan mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman.



Crowdfunding 

Ini merupakan fintech yang sedang berkembang di berbagai negara, termasuk Indonesia. Crowd funding mengumpulkan dana maupun donasi untuk suatu kegiatan sosial atau ada juga yang mengumpulkan dana yang digunakan untuk membiayai perusahaan rintisan atau startup.



Dompet Digital (E-Wallet)

Jenis fintech yang satu ini mungkin Sobat Singa cukup familiar, karena bergerak dibidang jasa layanan pembayaran seperti pembelian pulsa, token listrik hingga membayar belanja di merchant-merchant seperti mini market, cafe hingga warung kaki lima.



Market Comparison atau Fintech Aggregator

Begitu banyak jasa layanan keuangan dari lembaga keuangan baik bank maupun non bank. Fintech Comparison atau Aggregator berfungsi memberikan informasi dengan cara membandingkan berbagai macam produk dalam satu platform baik dalam bentuk aplikasi maupun website. Menariknya, kamu pun  bisa langsung melakukan pengajuan langsung disana dengan mudah.

 

Microfinancing

Adanya jenis-jenis fintech di Indonesia diharapkan dapat mendukung inklusi keuangan nasional agar bisa mencapai target yang ditetapkan oleh Dewan Nasional Keuangan Inklusi, yakni sebesar 75 persen.

Dari tujuan itulah, layanan financial technology diharapkan dapat berkembang pesat dan memenuhi target, mengingat basis layanan dari lembaga pembiayaan ini adalah online.