Mau Belajar Tentang Kopi? First Crack Coffee Academy Hadirkan Kelas Barista Profesional

shares

Sri Mulyani dan para delegasi G-20/Riza Firli 

Kopi merupakan salah satu hasil pertanian yang dapat dijumpai hampir di seluruh provinsi di Indonesia, kecuali DKI Jakarta. Total luas areal kebun kopi Indonesia menurut data yang dilansir dari situs Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Pertanian.go.id pada 2020 luasnya mencapai 1,25 juta hektar. 

Indonesia pun menempati posisi keempat sebagai produsen kopi dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia pada 2020. Badan Pusat Statistik (BPS), mencatat produksi kopi Indonesia mencapai 762.380 ton di tahun tersebut.

Kopi kini bukan hanya menjadi gaya hidup, melainkan sudah menjadi sebuah kebutuhan. Hal ini terlihat dari jumlah konsumsi kopi Indonesia menurut data International Coffee Organization (ICO) pada periode 2018-2019 mencapai 4.800 kantong berkapasitas 60 kilogram (kg).

“Dibalik secangkir kopi yang nikmat, disitu ada barista hebat yang cukup andil dalam menyajikan kopi terbaik kepada para  penikmatnya”, ungkap Octa Thio (SCA Certified Professional Barista dan Head Instructor First Crack Coffee Academy).

Peraih juara II Putri Duta Kopi Indonesia 2020 ini menjelaskan, seorang barista profesional tidak hanya piawai dalam membuat kopi saja tetapi mereka harus bisa merepresentasikan cerita dan proses dibalik secangkir kopi yang dibuatnya. 

First Crack Coffee Academy juga ingin memperkenalkan spesialti kopi melalui edukasi. Sehingga pada perhelatan G20 Februari 2022 lalu misalnya. Para barista kami dengan bangga dapat menyuguhkan dan menceritakan spesialti kopi dari berbagai daerah di Indonesia kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani dan juga para delegasi dari berbagai negara” ungkap Octa.

Foto: Dokumentasi First Crack Coffee

Untuk metode belajar di  First Crack Coffee Academy,  memiliki modul belajar sesuai standar internasional dari Specialty Coffee Association (SCA) yang sudah dimodifikasi, sehingga materi pada kelas barista profesional lebih mudah dipahami dan diimplementasikan.

Bagi Anda yang tertarik belajar tentang kopi, First Crack Coffee Academy juga memiliki berbagai kelas lainnya yang dapat diikuti seperti, sensory skill, brewing, roasting, dan management coffeeshop.
First Crack Coffee Academy selalu memperhatikan kebutuhan siswa atau calon peserta. Sehingga mereka dapat mengikuti kelas sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 

Kelas Barista Membership dan Barista Specialist Program yang baru saja kami launching banyak mendapatkan feedback yang sangat positif. Terlebih dengan adanya promo ‘Pay Now Learn Later’ membuat biaya belajar menjadi lebih terjangkau dengan waktu yang nantinya dapat disesuaikan”, Terang Octa.


Related Posts