Cara Merawat Piano

Anda sudah beli piano dari beberapa tahun silam, namun sudah tak menggunakannya lagi. Piano itu tersimpan digudang, tanpa pernah anda sentuh sama sekali. Kemudian suatu hari anda ingin memainkannya, namun saat dicoba suara piano anda tiba-tiba tak lagi mengeluarkan bunyi seindah dulu. Bagaimana agar hal tersebut menimpa anda?

Pertama coba cek bagian pin tuning apakah longgar atau tidak. Kemudian cek juga apakah di bagian dalam nut piano terdapat binatang mati atau tidak. Sebab banyak kasus mengemuka adanya kecoa, tikus atau cicak mati di dalam organ penting piano. Tikus kerap menggerogoti kabel sementara kecoa dan cicak kerap bertelur disela-sela nuts piano. Ini sangat berbahaya karena dapat menghambat terbentuknya nada. Karena itu merawat piano bagian dalam harus dilakukan secara berkala, minimal sekali seminggu.

Kedua cek soundboard anda, retak atau tidak. Pasalnya keretakan soundboard juga bisa memengaruhi suara yang dihasilkan. Cek terus Pin dan Pinblocks, karena dua material ini berharga sangat mahal. Terakhir jika bisa sewalah ahli piano untuk memantau kondisi fisik piano anda. Tapi jika anda merasa hal itu terlalu merepotkan dan mengeluarkan terlalu banyak biaya, sebaiknya gunakanlah piano anda sesering mungkin.

Dengan sering menggunakan piano, anda dapat meminimalisir kerusakan yang akan terjadi. Sembari bermain anda lakukan juga pengecekan rutin. Hal tersebut tidak akan terasa memberatkan karena dilakukan secara perlahan dan berkala. Seiring dengan permainan piano yang juga anda lakukan secara berkala.
Cara Merawat Piano Cara Merawat Piano Reviewed by Phanie Fauziah on 22.21.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.