Donat No.1 di Jepang Kini Bersaing di Indonesia



Donat merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur mentega dan dibuat dengan cara digoreng. Umumnya donat berbentuk bulat dengan lingkaran ditengahnya seperti cincin dan dapat di kreasikan baik isi atau topingnya dengan krim, selai, jelly, keju dan lainnya.

Dalam asal-usul sejarah makanan ini ada berbagai versi, salah satunya menyebutkan kalau donat dibawa ke Amerika Utara dari imigran Belanda yang juga mempopulerkan makanan penutup lain seperti kue kering, pai krim, dan pai buah.

Versi lainnya  menyebutkan kalau donat berbentuk cincin diciptakan oleh seorang kapten kapal asal Denmark yang bernama Hanson Gregory. Karena sang kapten harus menyetir dengan kedua tangannya maka kue gorengan yang dimakan ditusukan ke roda kemudi kapal sehingga menjadi bolong.

American Donat merupakan perintis donat yang digoreng dengan mesin otomatis pertama di Indonesia sejak 1968. Donat tersebut meramaikan event Djakarta Fair (sekarang bernama PRJ) dan menjadi oleh-oleh khas PRJ setiap tahunnya hingga sekarang.

Setelah itu Dunkin’ Donuts masuk ke Indonesia pada tahun 1985. Gerai pertamanya ada di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Restoran Donat yang di pelopori William Rosenberg sejak tahun 1950 ini, telah memiliki 200 outlet di berbagai kota di Indonesia dan hampir 7000 outlet di seluruh dunia.

Waralaba donat asing lain yang juga meramaikan restoran donat di Indonesia baru-baru ini adalah Mister Donut. Mister Donut dibuat oleh Harry Winouker di Boston Amerika Serikat, awalnya Winouker bekerja dengan Rosenberg sang pendiri Dunkin Donut. Setelahnya ia memutuskan membangun toko donat dan minuman kopi sendiri pada tahun 1956.

Pada tahun 1971 Mister Donut melebarkan sayapnya dengan membuka franchise restoran donat di Jepang. Saat ini jaringan waralaba Mister Donut memiliki 3.832  cabang yang tersebar di 7 negara diantaranya Thailand, Filipina, China,Taiwan, Korea Selatan,Malaysia dan kini menyambangi Indonesia pada  Mei 2015 lalu, cabang pertamanya di Mall of Indonesia.


Mister Donut di Indonesia berada di bawah naungan PT Ragam Kaya Bersama, selaku pemegang hak waralaba dari Duskin Company Jepang. Konsep penjualan dari Mister Donut di Indonesia sendiri cukup unik karena memiliki 3 jenis store yakni flagship store, satellite store, dan shop-in shop.

Untuk store shop-in shop Mister Donut berintegrasi dengan 50 cabang Indomaret di tahap awal. Strategi penjualan tersebut dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam menikmati Mister Donut yang memiliki cita rasa berbeda dari donat kebanyakan.

Mister Donat yang merupakan Donat no. 1 di Jepang, dengan tagline “original taste” menawarkan berbagai macam donat, muffin, pie dan juga minuman.  Serunya lagi Mister Donut satu-satunya tempat yang menyajikan Cafe Au Lait (hot) yang bisa di refill.


Untuk kawan smart pengguna kartu kredit BCA dan juga kartu flazz , nikmati berbagai macam penawaran menarik dari Mister Donat. Pada promo kali ini kamu bisa mendapatkan “Gratis 2 Donat” setiap pembelian satu lusin donat (berlaku hingga 31 Juli 2015). Dan gratis donat setiap pembelian minuman (kecuali Cafe Au Lait, refill) yang berlaku sepanjang hari (hingga 29 Februari 2016). 



Donat No.1 di Jepang Kini Bersaing di Indonesia Donat No.1 di Jepang Kini Bersaing di Indonesia Reviewed by Riza Firli on 19.58.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.