Kreativitas Dalam Bermusik

Selama berabad-abad orang-orang mencoba menjelaskan salah satu keterampilan paling misterius dalam diri manusia, yakni kreativitas. Beberapa peneliti mengatakan bahwa kreativitas adalah anugerah tuhan. Karena itu tidak semua manusia dapat memiliki kreativitas. Namun sebagian peneliti beranggapan bahwa kreativitas adalah tentang praktik, tekad dan pengalaman. Dan ada banyak cara untuk membangunkan kreatifitas anda.

Ada juga yang menyebut kreativitas adalah kombinasi dari bakat tuhan dan ketekunan. Faktanya tidak ada hal hal yang membatasi anda untuk mencapai terget, ketika anda bergairah tentang sesuatu. Termasuk dalam hal bermain piano. Seni improvisasi piano tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Tapi semua itu tergantung anda sendiri. Bakat pun tidak secara otomatis membuat permainan piano anda menjadi kreatif. Yang terpenting adalah bagaimana anda membangun kreatifitas diri.

Yang benar adalah bahwa kita semua kreatif. Tetapi kebanyakan dari kita tidak tahu tentang itu. Itulah mengapa sebagian orang tampaknya lebih kreatif, dan sebagian lain lebih rasional. Ini terjadi karena pendidikan masa kini lebih didasarkan pada rasionalisasi dan lebih ke menghafal mekanik kata. Pada akhirnya metode ini membuat kreativitas anda terbatas, dan tidak mampu mengembangkan pikiran rasional yang jika dilihat lebih jauh dapat menciptakan hal hal irasional. Sesuatu yang kita sebut unik, beda dan kreatif.

Setiap ketidakseimbangan akan memengaruhi kreativitas, kesuksesan,kebahagiaan dan kepuasaan. Inilah hal-hal yanh menjadi aspek utama dari pendekatan holistik seorang pianist. Yakni kita harus menyeimbangkan semua aspek kepribadian, mulai dari semangat, kecerdasan, tubuh dan emosi. Saat anda beli piano, sadarkan diri anda untuk bebas.

Jangan terpaku pada pembelajaran sistematis, yang hanya akan membatasi pemberontakan dalam diri. Karena pemberontakan inilah yang justru mampu menciptakan kreativitas baik rasional maupun irasional.
Kreativitas Dalam Bermusik Kreativitas Dalam Bermusik Reviewed by Phanie Fauziah on 01.20.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.