Bagi Fresh Graduate, Ini 5 Keuntungan yang Bakal di Dapat Jika Mengikuti Job Fair

Foto: Riza Firli, Jobfair Expo Smesco 09 Jan 2016

Job fair atau bursa kerja adalah acara yang ditujukan bagi mereka para pencari kerja. Selain diikuti oleh para pencari kerja, job fair juga diikuti oleh banyak perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga atau karyawan di perusahaannya.

Tujuan dari acara ini tentu saja untuk menyerap tenaga kerja sekaligus mengurangi angka pengangguran. Sedangkan dari sisi perusahaan mereka dengan mudah akan mendapatkan kandidat pekerja yang sesuai dengan cepat.

Ditengah perkembangan teknologi banyak orang berpikir kalau mengikuti acara job fair hanya membuang-buang waktu, karena lebih praktis mengirim lamaran melalui internet.  Mengingat acara ini juga tak pernah sepi meski mengharuskan kamu untuk membayar tiket masuk dangan antrian yang cukup panjang.

Bagi kamu para fresh graduate yang sedang mencari karier impian, berikut 5 alasan pentingnya mengikuti acara job fair:

Bisa Konsultasi CV
sumber : twitter jobstreet

Pada acara job fair kamu bisa berkonsultasi mengenai CV atau resme yang sudah kamu buat. Biasanya tim penyelenggara job fair memiliki  career consellor yang akan memeriksa dan memberi saran atau masukan.

Informasi Lebih Banyak

Saat menghadiri job fair kamu bisa menanyakan dan berinteraksi langsung kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Ada banyak informasi yang bisa kamu korek dari perusahaan bersangkutan yang mungkin tidak kamu dapatkan jika hanya membaca dan melihat iklan lowongan pekerjaan di internet.

Ada Tes dan Interview Langsung

Beberapa perusahaan yang ikut serta dalam acara job fair, terkadang tidak hanya membuka stand untuk memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaa. Tetapi mereka ada juga yang mengadakan psikotes dan interview saat job fair berlangsung.

Banyak Peluang

Meski lowongan pekerjaan yang tersebar dari internet cukup banyak, peluang di job fair juga tak kalah besar. Terkadang acara job fair diselenggarakan untuk mengakomodasi akan tenaga kerja pada bidang tertentu. Saat job fair banyak perusahaan yang membuka recruitment dan kamu juga bisa drop CV secara langsung sehingga ada kemungkinan CV kamu akan disortir lebih dahulu ketimbang yang menempuk melalui e-mail.

Ada Seminar

Acara job fair sering mengadakan seminar yang menghadirkan pembicara atau pakar khusus dengan tema-tema seputar karier atau lainnya dan sangat bermanfaat bagi para pencari kerja.  Disitulah kesempatan kamu untuk berinteraksi  dan mendapatkan informasi lebih dalam dengan nara sumber.





Bagi Fresh Graduate, Ini 5 Keuntungan yang Bakal di Dapat Jika Mengikuti Job Fair Bagi Fresh Graduate, Ini 5 Keuntungan yang Bakal di Dapat Jika Mengikuti Job Fair Reviewed by Riza Firli on 00.32.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.