Cara Optimalkan Penjualan Dengan Pemasaran Digital



Kehadiran teknologi dan ponsel pintar saat ini membuat jumlah pengguna internet semakin meningkat. Berdasarkan data International Data Corp (IDC) jumlah pengguna internet di 2016 akan mencapai 3,2 miliar itu artinya 44 persen dari populasi manusia di dunia, lebih dari 2 miliar diantaranya terhubung dengan internet melalui perangkat mobile.

Perkembangan internet juga membuat pemasaran konvensional mulai bergeser ke pemasaran digital. Berikut beberapa strategi yang dapat  dilakukan dalam meningkatkan pemasaran secara digital :

Optimasi Mesin Pencari 
Search Engine Optimization(SEO) atau optimasi mesin pencari merupakan cara yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan. Sehingga website dari brand yang kamu miliki dapat ditemukan dengan mudah di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

SEM (Search Engine Marketing)
Berbeda dengan SEO, SEM adalah cara pemasaran menggunakan mesin pencari yang berbayar. Jadi disini kamu harus membayar google selaku mesin pencari, untuk memunculkan kata kunci yang sesuai dengan website yang kamu miliki.

PPC (Pay per Click)
Selain menggunakan mesin pencari, kamu juga bisa memasang iklan dengan sistem PPC di media sosial seperti facebook dan twitter. Dengan menggunakan PPC maka kamu dapat memasang iklan dengan target yang sesuai dengan demografi, kebiasaan, interest sehingga iklan kamu tepat sasaran, dan keuntungan lainnya kamu hanya membayar iklan yang di klik.

Mengadakan Campaign
Setiap brand atau merek memiliki sebuah campaign baik secara luring (offline) maupun daring  (online) Untuk campaign daring kamu bisa membuat promo, kuis,  lomba, ataupun kegiatan yang menggabungkan keduanya.

Campaign atau kegiatan ini memiliki tujuan yang berbeda-beda. Namun sebuah brand yang melakukan campaign memiliki tujuan yang hampir sama,yakni agar brand  banyak dibicarakan dan memiliki keterikatan dengan para pengguanya.

Konten Menarik
Digital marketing tak lepas dari sebuah konten menarik di dalamnya. Konten dapat berisi sebuah tulisan, foto, gambar, info grafik dan video. Biasanya konten akan berisi hal-hal yang berhubungan dengan produk maupun tidak, akan tetapi masih berkaitan dengan pangsa pasar mereka.

Distribusi
Walaupun membuat konten menarik sangat penting, namun mendistribusiannya pun tak kalah penting. Bahkan dalam sebuah survey yang dilakukan Outbrain “State of Content Marketing 2012” kalau 95% brand dan agency mendistribusikan kontennya melalui media sosial.

Menurut laporan Gartner yang dilakukan pada 2015, sebesar 50 persen perusahaan akan meningkatkan biaya pemasaran mereka secara digital sebesar 17 persen.

Para pemilik merek saat ini semakin sadar bahwa porsi pemasaran digital, cukup penting terutama yang berhubungan pengalaman konsumen dan inilah nantinya yang akan menguatkan Worth of mouth marketing (pemasaran dari mulut kemulut).


sumber foto: blogpenulis.id

Cara Optimalkan Penjualan Dengan Pemasaran Digital Cara Optimalkan Penjualan Dengan Pemasaran Digital Reviewed by Riza Firli on 23.27.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.