7 Cara gampang belajar bahasa Inggris secara otodidak


Pernah gak sih kalian merasa kemampuan bahasa Inggris masih kurang? Padahal pelajaran bahasa Inggris sudah diberikan sejak Sekolah Dasar. Tenang, bukan kamu saja kok yang belum lancar berbicara dan menggunakan bahasa Inggris.

Sebab bahasa Inggris bukan bahasa Ibu dan tidak digunakan dilingkungan sehari-hari kecuali lingkunganmu, menuntut kamu untuk berbicara berbahasa Inggris.

Agar mudah mempelajari bahasa Inggris, berikut 7 cara gampang belajar bahasa Inggris secara otodidak versi Segelas Info:

1. Baca buku berbahasa Inggris
sumber: raphael's library
Dengan banyak membaca dan memahami isi buku otomatis otak kamu akan menyerap banyak informasi baru dan kosakata baru yang belum kamu ketahui. Agar kegiatan dalam membaca lebih seru cobalah membaca buku cerita, novel atau komik bahasa Inggris. Sebab mempelajari bahasa harus dengan fun dan tidak melulu soal pengetahuan akademik.

2. Menonton video
sumber: Youtube
Untuk menonton video dalam bahasa Inggris cobalah mencari video yang memiliki teks. Selain itu, coba cari video sitkom (komedi situasi) karena ceritanya lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Bahkan kesalahan penggunaan bahasa Inggris juga dicontohkan, sehingga kamu dapat mempelajari kesalahan tersebut agar tidak terjadi pada  diri kamu.

3. Playlist musik
sumber: telegraph
Jika kamu masih mendengarkan playlist lagu-lagu dalam bahasa Indoensia, cobalah untuk mengganti semua playlist musik dengan lagu-lagu barat. Lebih seringlah  kamu mendengarkan lagu-lagu tersebut resapi dan pahami juga arti dari liriknya.

4. Punya teman chatting
sumber: pakfunchat
Bagi kamu yang hobi chatting dan mencari teman dari internet, ini sangat bagus karena melatih kamu belajar berani berbicara dengan orang lain dengan bahasa Inggris. Cobalah untuk selalu berkomunikasi bisa dengan teks singkat, voice call atau video call agar lebih jelas.

5. Buatlah kalimat sederhana
sumber: vlognation
Rajin-rajinlah untuk merangkai kalimat sederhana, kamu bisa berbicara dalam hati dengan apapun yang kamu kerjakan sehari-hari, misalnya ketika menunggu bus, mengerjakan pekerjaan rumah, atau saat berada di mall bersama teman-teman.

Saat era sudah digital berbicara sendiri dalam hati memang kurang menyenangkan. Maka cobalah untuk berbicara di depat kamera seperti membuat vlog, snapchat atau instagram stories. Siapa tahu kegiatanmu menjadi pusat perhatian banyak orang dan kamu menjadi terkenal.

6. Atur semua gadget dalam bahasa Inggris
sumber: dribble
Coba aturlah semua setingan gadget kamu mulai dari smartphone, tv, dan lainnya kedalam bahasa Inggris. Termasuk saat kamu mengambil uang di mesin ATM, menelepon call center dan lain-lain. Semakin banyak kehidupan kamu sudah menggunakan bahasa Inggris, otomatis kamu akan semakin mendarah daging dengan kehidupan kamu.

7.  Percaya Diri
sumber: artinkprint
Nah, ini sih yang cukup sulit sebab rasa kurang percaya diri sering menjadi kendala. Ingat percaya diri itu bukan harus dimiliki tetapi harus dilakukan. Setelah kamu mencoba dan melakukan berulang-ulang barulah rasa percaya diri itu kamu miliki.
7 Cara gampang belajar bahasa Inggris secara otodidak 7 Cara gampang belajar bahasa Inggris secara otodidak Reviewed by Segelas Info on 19.40.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.