8 Cara agar menulis dan mengarang menjadi mudah


Menulis merupakan sebuah kemampuan atau skill yang dimiliki banyak orang. Sebenarnya banyak orang yang tidak sadar, kalau kemampuan menulis sudah diajarkan sejak di sekolah dasar. Semua orang mungkin bisa untuk menulis tetapi belum tentu bisa untuk mengarang.

Nah, bagi kamu yang ingin bisa menulis dan mengarang menjadi gampang. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan :

1. Temukan Ide
Kamu harus memiliki sebuah ide atau gagasan dan Ide ini datangnya bisa dari mana saja. Misalnya dari pengalman pribadi, pengalaman yang mengesankan atau kurang menyenangkan. Curhatan dari orang lain, atau bisa juga mengangkat hal-hal yang kamu temui dilingkungan sekitar.

2. Tulislah ide tersebut
Setelah mendapatkan ide, tulislah ide tersebut pada sebuah catatan kecil. Saat sudah era digital kamu bisa mencatatnya di notes atau menuliskan status di media sosial. Jika tidak bisa menulis dengan cepat ide tersebut, kamu bisa juga mengambil gambar atau video.

3. Tulislah kerangka karangan
Penting untuk kamu yang masih pemula belajar menulis dan mengarang. Coba buatlah sebuah kerangka karangan, kerangka karangan tersebut ditulis untuk membatasi persoalan yangakan kamu tulis sehingga sehingga menjadi lebih fokus dan penulisan tidak melebar kemana-mana.

Jika sudah sering menulis, kerangka karangan boleh tidak kamu buat. Terutama bagi kamu yang tidak menulis fiksi. Lakukan saja menulis dengan mengalir seperti layaknya kamu berbicara di depan umum.

4. Banyak membaca
Mengapa disarankan harus banyak membaca? Belajar menulis ibarat anak bayi yang mengalami sebuah proses. Saat bayi anda mendengar dan mencoba belajar berbicara, setelah berbicara anda belajar membaca dan menulis kata-kata tersebut.

Jadi mustahil bagi Anda yang tidak suka membaca, bisa mahir untuk menulis atau mengarang!

5. Menulis Diary
Jangan malu untuk menulis buku harian pribadi atau diary. Inilah yang akan membuat kemampuan menulismu lebih terasah. Tak jarang hal kecil dikehidupan sehari-hari yang dikumpulkan dan diangkat kedalam buku bisa menjadi buku best seller.

6. Jangan Malu
Kemampuan menulis akan berkembang seiring berjalannya waktu. Kamu tak perlu malu untuk mengunggah tulisan kamu di blog pribadi atau mengirimkannya ke media dan surat kabar. Dengan mempublikasikan tulisan, karyamu akan banyak diapresiasi.  Dengan begitu rasa percaya diri akan tumbuh dan menulispun menjadi gampang.

7. Mengikuti kelas menulis
Bagi kamu yang ingin mempelajari lebih dalam. Coba ikutilah workshop kelas menulis yang sering diadakan di kotamu. Misalnya kelas penulisan fiksi, disana kamu akan mendapatkan mentor yang sudah berpengalaman. Galilah ilmu tentang menulis dari ahlinya.

8. Review Kembali
Bacalah kembali tulisanmu di masa lalu 1-2 tahun lalu keras-keras. Jika kamu merasa malu dan melihat tulisanmu sepertinya sangat cupu. Berarti kemampuan menulismu sudah berkembang.

9. Menulis Panggilan Jiwa
Sebaiknya jadikanlah menulis sebagai panggilan jiwa. Pelajari, pahami dan kemudian kamu akan mahir. Jika tujuan utama kamu menulis agar menjadi terkenal dan hanya untuk mencari uang. Pikir-pikirlah kembali!

Mencari kekayaan dengan  menulis bukanlah cara tercepat dibanding kamu berinvestasi. Namun hidup untuk menulis lalu mendapatkan uang bisa dilakukan.
8 Cara agar menulis dan mengarang menjadi mudah 8 Cara agar menulis dan mengarang menjadi mudah Reviewed by segelas info on 02.03.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.