Ciri-ciri awal gejala kolesterol tinggi



Pengertian kolesterol adalah sebuah jenis lemak yang dihasilkan di dalam organ hati. Ada dua jenis kolesterol yang dikenal di dunia kesehatan, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Gejala kolesterol tinggi diakibatkan adanya produksi kolesterol jahat yang membeludak di dalam tubuh.

Produksi kolesterol jahat yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Hal ini dipicu adanya pengendapan lemak pada arteri dan pembuluh darah yang tersambung ke seluruh tubuh. Walaupun tidak berakibat secara langsung, namun kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang. Apalagi  bagi  wanita dan pria yang sudah berusia 35 tahun ke atas sangat rentan terkena penyakit kolesterol tinggi.

Dalam dunia kesehatan, total kolesterol yang diperlukan oleh tubuh kita terbagi menjadi beberapa kategori. Yaitu jika kolesterol <200 mg/dl maka bisa dikatakan ideal. Jika kolesterol dalam tubuh 200-239 mg/dl maka Anda berada di ambang batas menderita kolesterol tinggi. Dan jika kolesterol dalam tubuh 240> mg/dl, maka sudah dipastikan Anda menderita gejala kolesterol tinggi.

Gejala awal kolesterol tinggi pada seseorang biasanya berbeda. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh sistem imun tubuh dari seseorang yang berbeda-beda. Namun yang ciri-ciri awal yang biasanya menjadi gejala kolesterol tinggi adalah munculnya xanthomas.

Xanthomas adalah benjolan warna merah pada tubuh. Benjolan ini bisa timbul jika kadar kolesterol dalam tubuh sudah mulai tinggi. Biasanya xanthomas akan muncul secara perlahan tanpa disadari. Ketika Anda menyadarinya, barulah diketahui bahwa sudah menderita kolesterol tinggi.

Selain xanthomas, ciri-ciri awal lainnya adalah rasa pusing yang sering timbul. Pusing yang diderita biasanya merasakan hilang keseimbangan untuk beberapa saat. Baik itu ketika sedang berjalan, terlalu lama beridiri, atau terlalu lama duduk lalu tiba-tiba berdiri.

Lalu ada lagi beberapa orang yang sering mengalami kesemutan dan nyeri pada tubuh. Kesemutan dan nyeri tubuh pasti sering dialami oleh semua orang. Namun kedua hal ini patut diwaspadai jika terlalu sering terjadi pada tubuh. Karena bisa saja ini adalah ciri-ciri dari gejala kolesterol tinggi. Atau bisa kunjungi situs https://www.guesehat.com/serba-serbi-kolesterol
Ciri-ciri awal gejala kolesterol tinggi Ciri-ciri awal gejala kolesterol tinggi Reviewed by Riza Firli on 16.23.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Home Ads

Diberdayakan oleh Blogger.