6 cara melunasi semua utang kartu kredit


Apakah kamu sedang mengalami masalah dengan kartu kredit?

Gaya hidup kaum milenial yang selalu membelanjakan uangnya untuk sebuah pengalaman seperti traveling, kuliner, gadget dan fashion. Tidak dipungkiri  membuat mereka terjebak dengan perilaku konsumtif.

Kemudahan pemesanan produk dan jasa secara online melalui platform ecommerce dan sejumlah aplikasi. Memudahkan para milenial mendapatkan produk yang mereka inginkan.

Belum lagi pengaruh iklan dan media promosi yang ditawarkan secara masif melalui influencer. Hingga promo cashback dan cicilan 0% hingga 12 bulan yang sayang untuk dilewatkan.

Penggunaan kartu kredit yang tidak dilakukan secara bijak. Bukan tidak mungkin, kamu akan terjerat utang pada kartu kredit. Dan berikut 6 cara mudah untuk melunasi kartu kredit :

1. Hentikan Penggunaan Kartu
Ini adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Stop penggunaan kartu kredit agar utangmu tidak semakin menumpuk.

2. Menjual Aset yang Dimiliki
Jika tidak memiliki uang atau kemampuan untuk membayar dan sudah terpaksa. Kamu bisa menjual aset yang kamu miliki seperti kendaraan, smartphone, laptop, jam tangan atau lainnya. Kemudian uang dari hasil penjualan bisa kamu gunakan untuk membayar.

3. Bayar Tagihannya Paling Kecil
Jika memiliki lebih dari satu kartu. Bayarlah tagihan kartu kreditmu yang tagihan dan bunganya paling kecil, terlebih dahulu. Baru, setelah memiliki uang kamu membayar tagihan lainnya.

4. Pinjam Uang Kepada Teman atau Keluarga
Bila kamu tidak memiliki uang untuk membayar. Jangan sekali-kali melakukan pinjaman lagi dengan pinjaman online atau KTA kilat karena akan membuat utangmu semakin menumpuk. Mengingat bunga pinjaman online atau KTA cukup besar. Sebaiknya, pinjamlah kepada teman atau keluarga lalu membayar dengan cara dicicil kepada mereka.

5. Mencari Kerjaan Sampingan
Jika kamu memiliki utang kartu kredit cukup banyak, dan penghasilan kamu pas-pasan. Cobalah untuk melakukan pekerkaan sampingan atau side job. Kamu bisa melakukan pekerjaan yang mudah dilakukan. Seperti Jasa titip (jastip), online shop, menjadi blogger/ penulis lepas, menjadi admin sosmed, design grafis, web design atau side job lainnya sesuai dengan kemampuan kamu.

6. Tutup Kartu Kredit Setelah Lunas
Jika sudah melunasi semua kartu kredit. Ada baiknya, kamu tutup semua kartu atau sisakan hanya kartu yang limitnya kecil untuk berjaga-jaga.

Kalau bisa limitnya hanya separuh atau bahkan hanya 30% dari penghasilan kamu.  Sehingga jika terpaksa digunakan, dan limitnya full terpakai kamu masih sanggup membayar tagihan dan tidak mengganggu cash flow bulanan kamu.

Yuk bijak menggunakan kartu kredit. Karena bukan kartu kredit sumber masalahnya tetapi sikap konsumtif kita yang menjadi masalah.

Image: shutter stock
6 cara melunasi semua utang kartu kredit 6 cara melunasi semua utang kartu kredit Reviewed by Riza Firli on 06.31.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.