Bebas rasa khawatir, ini 8 hal yang bisa bikin kamu bahagia


Apakah saat ini kamu sedang merasa khawatir?

Khawatir adalah sikap berpikir berlebihan atau terlalu cemas dalam situasi dan kondisi tertentu.

Saat khawatir, kita pun menjadi tidak nyaman dan bila itu semakin semakin berlebihan bukan tidak mungkin dapat menyebabkan stress dan depresi.

Berikut 8 hal yang bisa membuatmu bahagia dan bebas rasa khawatir :

1. Berpikir Positif

Yuk, jangan biarkan pikiran negatif menghatuimu. Coba deh buang jauh-jauh pikiran tersebut apalagi saat menghadapi sebuah masalah. Karena belum tentukan masalah tersebut sesulit yang kamu bayangkan.

2. Berprasangka Baik

Nah, sama halnya dengan berpikir positif. Jika berpikir positif sudah bisa kamu lakukan coba berprasangka baik terhadap orang lain. Jangan berpikiran jelek terhadap orang lain atau menaruh rasa curiga karena belum tentu orang tersebut demikian.

3. Coba Ubah Sudut Pandang

Dalam menghadapi segala permasalahan. Coba kamu ubah sudut pandang kamu dalam menilai sesuatu. Misalnya saat menghadapi kemacetan, gara-gara macet banyak hal yang bisa kita lakukan loh. Misalnya mendengarkan podcast, membaca berita atau bahkan menyelesaikan episode drama Korea yang belum sempat kamu tonton.

Oh ya, gara-gara macet saat jam pulang kerja. Kamu bisa loh mampir dulu ke tempat gym untuk melakukan latihan, berenang atau mengikuti kelas-kelas yang ada disana. Dengan berolahraga badan menjadi sehat dan bugar serta pikiran  menjadi fresh kembali.

4. Mensyukuri Nikmat Hari Ini

Kadang kita lupa loh untuk selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki. Nah, setelah lelah beraktivitas seharian coba deh sebelum memejamkan mata untuk tidur. Kamu bisa ingat-ingat kembali dan sebutkan 10 hal yang bisa kamu syukuri hari itu mulai dari bangun pagi.

5. Berdoa dan Mengandalkan Tuhan

Saat melakukan suatu pekerjaan, kadang kita lupa untuk berdoa dan mengandalkan Tuhan. Kita sebagai manusia, kadang hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri padahal kemampuan kita terbatas dan itu yang dapat membuat kita kecewa bila mengalami kegagalan karena diluar ekspektasi kita.

6. Ceritakan Masalah Kamu Dengan Teman Terdekat

Jika kamu memiliki kekhawatiran secara berlebih. Jika masalah yang kamu hadapi cukup berat. Cobalah untuk share atau cerita masalah kamu  ke teman terdekat.

Meski temanmu tidak dapat membantu banyak. Paling tidak kamu akan merasa lebih baik karena sudah mengeluarkan rasa kekhawatiran kamu. Dan teman yang baik biasanya akan memberikan kamu saran atau sudut pandang yang lain sehingga kamu dapat berpikir jernih untuk mengambil keputusan.

7. Hidup Adalah Pilihan

Karena hidup adalah pilihan. Maka kamu jharus memilih ketika memiliki masalah. Kamu mau happy atau sedih? Jika kamu happy, masalah akan terasa lebih ringan dan kamu bisa berpikir jernih. Tapi, jika kamu memilih untuk bersedih maka kesedihan itu tidak akan pernah menyelesaikan masalah.

8. Segala Masalah Pasti Ada Jalan

Walau terdengar klasik, tapi ingatlah segala masalah yang kita hadapi pasti ada solusinya. Segala masalah pasti ada jalan. Terkadang kita terlalu fokus dengan satu masalah yang membuat diri kita merasa khawatir.

Coba lihat para gelandangan atau orang gila yang berada dijalan. Mereka tetap bisa hidup dengan santai, bahkan tanpa rasa khawatir padahal sebenarnya diri mereka memiliki banyak keterbatasan.

Maka sebesar apapun masalah yang kita hadapi. Kekhawatiran hanya ada dalam pikiran dan hati kita. Dan jika kita membuang rasa  khawatir tersebut, maka semuanya akan terasa ringan dan baik-baik saja.

Image: shutter stock.
Bebas rasa khawatir, ini 8 hal yang bisa bikin kamu bahagia Bebas rasa khawatir, ini 8 hal yang bisa bikin kamu bahagia Reviewed by Riza Firli on 16.45.00 Rating: 5

5 komentar:

  1. Memang menaruh curiga itu bikin pusing sendiri

    BalasHapus
  2. berpikir positif itu yang paling efektif tapi juga sulit. padahal kalu bisa mengontrol pikiran untuk selaalu positif hidup memang jadi lebih tenang lho.

    BalasHapus
  3. berdoa dapat menepis segala rasa khawatir,

    BalasHapus
  4. sekarang kalo cerita bukan lagi sama temen terdekat tapi sama suami

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.