6 Cara yang Bisa Bikin Kamu Semakin Produktif

shares


Menjalani segala rutinitas dan kesibukan memang tidak mudah, karena itu kamu dituntut untuk terus semangat setiap harinya. Membangun rasa semangat di dalam diri agar menjadi seorang yang produktif sangatlah penting. 


Dengan bersemangat dan menjadi orang yang produktif, maka kita akan lebih mudah mencapai target dan impian yang kita inginkan. Namun banyak hal yang menghalangi dan menggagalkan kita untuk selalu produktif. 


Maka agar kamu menjadi orang yang lebih produktif, yuk perhatikan beberapa langkah berikut ini : 


1. Isitrahat Cukup

Ini kesalahan yang banyak orang-orang lakukan, produktif bukan berarti kamu harus bekerja terus menerus tak kenal waktu. Bagaimanapun kamu butuh waktu istirahat yang cukup dan tidur berkualitas, karena tidur berkualitas dapat membuat kamu merasa bugar saat terbangun bahkan membuat kamu tetap bugar sepanjang hari.


2. Tulislah Target yang Ingin Dicapai

Tahukah kamu? Kalau banyak orang sukses mencatat apa yang menjadi rencana dan tujuan hidupnya. Meski tidak ada jaminan menuliskan target akan menjamin kesuksesan, tapi tak ada salahnya kamu meniru kebiasaan ini. Kamu bisa menuliskan target-target kamu mulai dari target jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Dengan menuliskan target-target yang ingin kamu capai, maka bisa mengarahkan kamu pada tindakan yang positif.


3. Asupan Gizi Seimbang

Untuk menjalani rutinitas kamu juga memerlukan makanan yang mengandung gizi seimbang. Yakni makanan yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jika kamu kekurangan atau kelebihan asupan gizi maka kamu rentan terhadap penyakit sehingga menjadi kurang produktif.


4. Olahraga

Olahraga kadang sulit bagi kamu yang memiliki kesibukan, alasan klasiknya adalah tidak memiliki waktu atau tidak mau mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk pergi ke pusat kebugaran. Padahal olahraga kecil dirumah bisa kamu lakukan setiap pagi seperti sit-up, push-up, atau melakukan gerakan-gerakan kecil, cukup dengan meluangkan waktu 10-15 menit.


5. Tetap Fokus

Banyak halangan atau gangguan baik dari dalam maupun luar yang membuat kita menjadi tidak produktif, jika sudah begitu kamu harus tetap fokus dan ingat lagi pada tujuan yang ingin kamu capai. Agar kamu tetap fokus coba ingat kembali orang-orang yang kamu sayangi seperti keluarga.


6. Bangkitkan Mood

Untuk tetap produktif dan selalu semangat, memang kamu harus membangkitkan mood atau suasana hati. Cobalah dengarkan musik-musik pembangkit semangat seperti hip hop, beat dan r&b. Jika kamu menyukai musik classic juga bisa dengarkan instrument dari mozart atau bethoven. Hindari musik slow atau mellow karena itu bikin kamu semakin terbawa suasana sedih.


foto : Shutter Stock 




Related Posts