Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Paling Penting Sebelum Merencanakan Keuangan

Memiliki perencanaan keuangan amatlah penting. Karena banyak perusahaan yang bangkrut karena tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang. 


Begitu juga dengan individu setiap orang, jika tidak memiliki perencanaan keuangan maka akan sulit untuk mencapai target yang dinginkan. Alhasil gaji atau penghasilan dalam sebulan tidak bersisa bahkan mines.


Bagi kamu yang sudah memiliki penghasilan, baik itu dari gaji atau bisnis. Namun masih bingung dengan perencanaan keuangan, yuk coba lakukan 5 hal ini sebelum merencanakan keuangan:


1. Miliki Target jangka pendek, menengah dan panjang

Ini yang paling penting sebab kamu harus tahu dulu tujuan kamu apa ? Jika bingung kamu bisa membuat list keinginan yang ingin kamu miliki dalam waktu dekat misalnya smartphone, untuk jangka menengah kamu ingin memiliki kendaraan, dan untuk jangka panjang misalnya kamu menginginkan rumah dengan KPR ringan seperti KPR BCA, BTN atau lainnya.


2. Perkirakan berapa lama itu dapat terealisasi dan harus realistis agar mudah tercapai

Setelah membuat list keinginan. Coba prediksikan berapa lama waktu dan biayanya? Jika dengan kondisi keuangan kamu saat ini.


Agar mudah tercapai, cobalah sedikit realistis agar kamu bisa mencapai target pertama kamu. Namun bukan berarti membuang mimpi kamu, hanya saja dengan kondisi keuangan saat ini kamu harus menyesuaikan terlebih dahulu.


Misalnya jika mimpi kamu ingin memiliki rumah di darah tertentu belum cukup. Kamu bisa melirik rumah cluster, apartement, atau membeli tanah dan membangunnya sedikit-sedikit.


3.  Kebutuhan dan keinginan kamu apakah bisa menjadi pendukung produktivitas?

Untuk barang atau jasa yang ingin kamu beli. Coba cek kembali apakah ini kebutuhan ataukah hanya keinginan belaka. Jika bingung, coba tanyakan pada diri sendiri “jika saya memilikinya apakah ini akan menunjang saya untuk produktif?”


Misalnya kamu bekerja di industri entertainment seperti MC atau penyanyi, pasti memiliki kebutuhan membeli baju-baju yang cukup sering untuk menunjang pekerjaan. Sedangkan kamu yang hanya bekerja kantoran tidak perlu terlalu sering membelinya.


4. Jangan remehkan uang atau pengeluaranmu sekecil apapun

Kadang kita sering meremehkan pengeluaran yang kecil seperti biaya transfer antar bank Rp7000 atau biaya admin Rp1500 untuk mengisi saldo dompet digital.


Belum lagi, jika kamu memiliki rekening bank lebih dari satu perhatikan juga biaya administrasi bulanannya.


Bocor-bocor halus seperti ini memang tidak terasa. Akan tetapi jika dikalkulasikan satu tahun jumlahnya cukup berasa.


5. Menabung dan Investasi itu penting untuk masa depan

Untuk merencanakan keuangan masa depan. Jangan lupa untuk menabung dan mulai melirik instrument investasi yang bisa kamu beli mulai dari Rp 100ribu saja. Seperti reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap atau kamu bisa melirik beberapa instrumen lain seperti tabungan emas.


Sebelum berinvestasi sebaiknya kamu melakukan financial checkup seperti menghitung jumlah aset/harta, hutang, dan juga sudah menyiapkan dana darurat.