7 Rekomendasi Air Purifier Terbaik Untuk Menjaga Kualitas Udara Dalam Rumah

7 rekomnedasi air purifier terbaik


Selama pandemik virus corona atau COVID-19 berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran virus mulai dari social distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga sirkulasi udara dalam rumah dan menggunakan masker saat bepergian agar terhindar dari debu dan partikel PM 2.5.

Banyak yang mengira jika berada di dalam rumah, kita akan aman dari polusi udara. Padahal polusi udara bisa terjadi di dalam ruangan.

 Beberapa faktor penyebabnya seperti asap rokok, kegiatan memasak, debu yang menempel pada gorden yang menjadi sarang virus dan bakteri serta binatang peliharaan atau serangga pada karpet dan sofa.

 Meskipun penyebaran virus Corona dinyatakan oleh WHO tidak menyebar melalui udara, tetapi sejumlah penelitian menemukan potensi.

 Berdasarkan studi dari The New England Journal of Medicine berjudul Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1. Menyebutkan virus Corona dapat bertahan hidup hingga tiga jam di udara mirip dengan virus SARS-CoV-1.

Maka selain menjaga kebersihan di lingkungan rumah, Anda juga harus menjaga sirkulasi udara dengan cara membuka ventilasi atau jendela agar udara dalam ruangan tetap segar.

 Namun, membuka jendela saja tidaklah cukup. Anda memerlukan air purifier atau penjernih udara untuk membersihkan udara dari debu dan partikel kecil kasat mata yang bisa saja membawa berbagai macam virus seperti virus corona dan bakteri berbahaya lainnya.

 Berikut 7 rekomendasi air purifier terbaik untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan rumah Anda:

 Sharp Air Purifier FP-GM50Y-B 


 Bagi Anda yang memiliki bayi, Sharp Air Purifier bisa Anda lirik sebagai pilihan karena produk ini dilengkapi dengan fitur anti nyamuk. Selain itu, teknologi ion plasmacluster dari pembersih udara sharp ini dapat mengeluarkan ion positif dan negatif.

 Untuk filter, Sharp air purifier menggunakan tiga buah filter diantaranya pre-filter, HEPA filter dan deodorizing filter yang diklaim dapat menghalau virus, jamur, debu dan berbagai macam bau pada ruangan Anda.

 Sedangkan untuk kapasitasnya, alat pembersih udara ini memiliki kapasitas ruangan 40 M2 dengan daya maksimal 51 watt.

Nanoe Panasonic F-PXF35A 

Selain Sharp, Panasonic juga menyematkan teknologi khusus pada alat pembersih udara yang mereka keluarkan bernama teknologi Nanoe. Teknologi ini melepaskan radikal dalam molekul air untuk menghilangkan hidrogen dari berbagai macam virus serta dapat menghilangkan bau pada ruangan Anda.

Untuk desainnya, Panasonic F-PXF35A memiliki desain minimalis dengan balutan warna putih yang cocok diletakan di semua sudut ruangan rumah Anda.

Untuk daya listriknya, alat pembersih udara ini relatif kecil hanya sebesar 20 watt untuk daya tertinggi dan 6 watt untuk daya terendah. Sedangkan jangkauan area air purifier ini hanya 28 M2.


Gree Air Purifier GCC400DENA 


Ada yang menarik dari brand ternama asal negeri tirai bambu yaitu Gree yang turut meramaikan pasar air purifier di Indonesia. Gree Air Purifier GCC400DENA memiliki kemampuan membunuh 99% novel corona virus dan virus lainnya seperti H1N1 hingga 100%, HSV herpes simplex virus dan EV81 hand-foot-mouth disease virus hingga 99%.

 Teknologi yang disematkan pada Gree air purifier, menggunakan teknologi CEP filter yakni pemurnian efisiensi konstan plasma yang sudah dipatenkan oleh Gree.

Ada empat lapisan filter diantaranya lapisan pertama berfungsi menyaring partikel kecil dan halus yang ada di udara. Filter kedua membawa virus, bakteri dan partikel PM 2.5 serta membunuhnya dengan gelombang listrik.

Filter ketiga menyaring dan membunuh kembali sisa-sisa partikel, bakteri serta virus. Filter keempat mengubah udara kotor yang tertinggal setelah penyaringan menjadi udara segar.

 Air purifier berdaya 70w dengan jangkauan 70M2 ini, telah dilakukan pengetesan saaat pandemik Covid-19 di rumah sakit Jinyintan, Wuhan. Hasilnya dalam 1 jam, tingkat pembunuhan virus di udara mencapai 90% dan virus di udara setidaknya berkurang 10 kali.

 Xiaomi Mijia Air Purifier 3 

Tak hanya memproduksi smartphone canggih, Xiaomi juga memiliki produk IOT yaitu Mijia Air Purifier 3. Air purifier Xiaomi ini dilengkapi dengan 3 lapisan filter HEPA yang 99,7% dapat menjernihkan udara dari asap rokok, debu, bulu binatang, jamur, serbuk sari dan partikel-partikel kecil berukuran 0.3 micron.

Desain dari Xiaomi Mijia Air Purifier 3 cukup simpel, berbentuk kotak dan memiliki satu tombol di depan untuk pengaturan mode dan satu tombol lagi pada bagian belakang untuk mengatur keterangan indikator.

Xiaomi Mijia Air Purifier 3 juga sudah dilengkapi dengan wifi yang dapat disetting melalui smartphone Anda. Untuk tingkat kecepatannya, terdapat tiga level yang dapat Anda atur seperti high, medium dan low. Sedangkan untuk jangkauannya, Xiaomi Mijia Air Purifier 3 dapat menjangkau ruangan 48m2 dengan daya listrik 38W.

 Philips Series 1000

Bagi Anda yang ingin menggunakan air purifier khusus di malam hari, Philips Series 1000 bisa menjadi pilihan tepat. Sebab produk ini memiliki mode pendeteksi malam yang merupakan teknologi khusus yang dirancang untuk kamar tidur.

 Sedangkan untuk area jangkauannya, Philips Series 1000 mencapai 63 meter dengan desain aerodinamis. Produk ini menggunakan Nano Protect HEPA pada filternya, memiliki laju pemberian udara bersih yang ditingkatkan hingga 270 m3/jam dengan daya 63W.

 Honeywell Air Touch HAC35M G 

Tak ketinggalan brand asal negeri Paman Sam juga memproduksi air purifier. Salah satunya Air Touch HAC35M yang memiliki proses filtrasi multistage yang dapat menghilangkan berbagai jenis polutan yang tak kasat mata.

Untuk area jangkauannya, air purifier ini dapat menjangkau 42 M2 dengan daya maksimal 52watt. Sedangkan untuk filternya menggunakan HEPA filter yang dapat Anda ganti setelah 3-5 tahun.

 Samsung AX60R5080WD

 Samsung memiliki air purifier dengan 3 way flow dan 3 macam filter yakni pre filter, filter karbon dan HEPA yang dapat menghilangkan berbagai debu dan partikel kecil di dalam rumah. Ditambah Samsung memiliki fitur pengingat, apabila filter sudah perlu diganti. Untuk jangkauan area produk ini mencapai 60 m2 dengan konsumsi daya 60 watt.
7 Rekomendasi Air Purifier Terbaik Untuk Menjaga Kualitas Udara Dalam Rumah 7 Rekomendasi Air Purifier Terbaik Untuk Menjaga Kualitas Udara  Dalam Rumah Reviewed by Segelas Info on 18.55.00 Rating: 5

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.