Perlukah Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud ?


Membersihkan telinga merupakan kegiatan yang sering dilakukan seseorang, terlebih ketika kuping terasa gatal. Sensasi membersihkan telinga, juga membuat sebagian dari kamu merasa ketagihan.

Lalu, bagaimanakah cara kamu memberishkan telinga selama ini? Membersihkannya  menggunakan cotton bud merupakan cara yang sering dilakukan. Namun, tahukah kamu kalau membersihkan telinga dengan cotton bud ternyata berbahaya ? 

Berikut beberapa hal yang harus kamu ketahui bahayanya membersihkan telinga 

Meningkatkan Produksi Kotoran
Penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Otolaryngology mencatat, pedoman cara memasukkan instrumen asing ke dalam saluran telinga. Penggunaan cotton bud dalam membersihkan telinga justru dapat meningkatkan produksi serumen atau kotoran telinga.

Membuat Kotoran Semakin Masuk
Alih-alih mengeluarkan kotoran dari dalam telinga. Penggunaan cotton bud justru membuat kotoran telinga semakin masuk ke dalam. Semakin sering kamu membersihkan, justru membuat kotoran semakin masuk kedalam dan mengendap disekitar gendang telinga. 

Merusak Gendang Telinga
Apabila kotoran yang masuk semakin dalam, besar kemungkinan kotoran ini akan menusuk atau menusuk gendang telinga. Hal ini disebabkan kotoran yang masuk kedalam lama-lama akan  dan menimbulkan gangguan kesehatan yang disebut serumen prop.

Sumbatan kotoran yang mengeras dapat membuat kamu iritasi dan infeksi, sehingga kamu akan merasakan gejala seperti nyeri, gatal, berdengung, merasakan bau tidak sedap hingga gangguan pendengaran dan sakit kepala.

Bagimanakah cara membersihkan telinga yang benar ?
Untuk membersihkan telinga, kamu cukup membersihkan bagian luarnya saja. Apabila masih terasa gatal kamu cukup menekan anak telinga untuk mengurangi rasa gatal.

Apabila kotoran sudah terlanjur mengeras kamu bisa segera ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan dan biasanya kamu akan diberikan cairan untuk melunakan kotoran tersebut dan akan dilakukan penyedotan dengan alat khusus.

Serumen telinga yang diproduksi oleh tubuh sebenarnya adalah zat normal. Serumen ini berfungsi melindungi telinga dari kotoran, debu, dan mencegah masuknya serangga kedalam telinga. Baunya yang khas membuat serangga enggan untuk masuk.

Pengerasan pada serumen, sebenarnya jarang terjadi. Sebab saat rahang mengunyah dan regenerasi kulit baru pada saluran telinga dapat membantu memindahkan kotoran telinga. Pada saat kamu mandi, kotoran telinga dan sel kulit mati dapat dicuci.

foto: Daily Mail

Perlukah Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud ? Perlukah Membersihkan Telinga Dengan Cotton Bud ? Reviewed by Riza Firli on 18.29.00 Rating: 5

4 komentar:

  1. betul kata dokter THT memang gak boleh dibersihakn krn secara alami telnga kita akan membersihakn dalam telinganya. pengalamanku yg bikin kapok secara gak sadar kapas terkumpul di dalam telinga sampai gak bisa denger dan saat diambil sakitnya luar biasa, kapok deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh hati-hati ya makanya :) bersihin boleh luar-luarnya saja.

      Hapus
  2. Aku pernah nganter temenku ke THT karena dia hobi bersihkan telinga. Alhasil kotorom mengendap semakin dalam.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.