Daihatsu Zebra Club Untuk Penyu Indonesia


Berita Online - Penyu adalah hewan yang termasuk ke dalam reptilia laut, penyu memiliki daerah jalajah yang sangat luas mereka mendiami laut tropis dan juga subtorpis. Seekor penyu memiliki masa masa siklus bertelur yang beragam yakni sekitar 2-8 tahun sekali, penyu jantan menghabiskan waktunya dilaut sedangkan penyu betina sesekali menepi ke pantai untuk bertelur.

Seekor penyu betina sangat menyukai pantai yang sepi jauh dari manusia, suara yang bising serta jauh dari sumber cahaya untuk menetaskan telur-telurnya yang bisa berjumlah ratusan. Seekor penyu dapat mengurungkan niatnya untuk menetaskan terlur jika pantai yang ia singgahi penuh dengan suara bising, banyak cahaya dan manusia. 

Dalam menetaskan telurnya yang berjumlah ratusan tersebut, mungkin hanya akan ada belasan tukik (anak penyu) yang berhasil lahir dan kembali kelaut. Maka tak heran jika saat ini populasi penyu sangat terancam habitatnya dikarenakan jumlah penyu yang lahir, dan juga penangkapan penyu yang dilakukan banyak orang untuk dipelihara ataupun diambil telur-telurnya. Belum lagi pemburuan oleh kalangan pebisnis yang menjadikan penyu sebagai obat dan kosmetik.

Salah satu produsen mobil terkemuka di Indonesia yaitu Astra Daihatsu Motor memiliki program CSR yang sangat konsern dengan melestarian penyu-penyu di Indonesia. Dalam program CSRnya tersebut Daihatsu berusaha untuk merangkul masyarakat dan komunitas Daihatsu untuk bersama sama berpartisipasi dalam melestarikan keberadaan penyu yang semakin hari semakin sedikit jumlahnya

Salah satunyakegiatan yang dilakukan komunitas Zebra Club (ZEC) beberapa waktu yang lalu di Pangandaran 14-15 Juni 2013. Komunitas ini mengadakan acara Gathering yang tidak hanya merupakan ajang kumpul-kumpul bersama, sharing pengetahuan atau masalah kendaraan. Namun acara yang diselenggarakan juga bentuk kepedulian Zebra Club untuk Penyu Indonesia.


Dalam acara jalan-jalan bareng (JJB) tercatat sebanyak  36 anggota Zebra Club yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Disana mereka berkumpul  serta melakukan deklarasi program Daihatsu Zebra untuk Penyu Indonsia diamana program ini merupakan sebagai bentuk dukungan Daihatsu Zebra Club terhadap konservasi dan kelangsungan penyu di Indonesia.
Daihatsu Zebra Club Untuk Penyu Indonesia Daihatsu Zebra Club Untuk Penyu Indonesia Reviewed by Riza Firli on 20.16.00 Rating: 5

9 komentar:

  1. cieh rizaa , jadi penyunya suka berada di tempat yang sepi dong ? kalo rame gitu gimana , bukannya penyu sering dijumpai di tempat yang rame ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tempat sepi tuh buat netesin telur aja nen..kalo tempatnya rame dia nggak berani megang2 telurnya, takut diganggu soalnya

      Hapus
    2. ia benar sekali..klo mau bertelur..

      Hapus
  2. Wah penyu yang unyu-unyu sekali, semoga makin banyak populasinya

    BalasHapus
  3. aku juga pingin ikutan kayak gitu...jadi pingin ketemu penyu, penyunya unyu unyuuu :3 keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia penyu itu lucu
      :D
      hehehe dulu saya punya penyu air tawar :D

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.