Sejarah Pompa Sentrifugal Dan Klasifikasinya



Pompa sentrifugal merupakan salah satu jenis pompa yang paling tinggi permintaannya dibandingkan dengan jenis pompa lainnya di  tempat yang menjual pompa. Pompa ini beroperasi dengan prinsip kerja membuat perbedaan tekanan antara bagian masuk dengan bagian keluar. Artinya, pompa ini mengubah tenaga mekanik dari sebuah sumber tenaga menjadi tenaga kinetik, dimana fungsinya adalah mengalirkan cairan dan mengatasi hambatan di sepanjang pengaliran.

Pompa sentrifugal dikenal sebagai pompa yang sangat sederhana dan serbaguna. Tak heran jika pompa jenis ini merupakan pilihan utama para insinyur untuk aplikasi pompa. Pertama kalinya, pompa sentrifugal diperkenalkan di Eropa oleh Denis Papin pada tahun 1689. Sekitar awal tahun 1800-an, jenis pompa ini kemudian dikembangkan di Amerika Serikat.

Kepopuleran pompa sentrifugal makin terbukti sejak adanya pengembangan motor elektrik kecepatan tinggi, mesin pembakaran ruangan, dan turbin uap. Sejak tahun 1940, pompa sentrifugal mulai marak tersedia di toko jual pompa di berbagai tempat. Pompa sentrifugal menjadi pompa pilihan untuk berbagai aplikasi.

Jika Anda membutuhkan pompa sentrifugal, Anda dapat membelinya di toko jual pompa terdekat. Namun jika tidak ingin repot-repot memilih pompa langsung ke toko, Anda juga dapat membelinya melalui Indotrading.com.  Sebelum membeli, lebih baik perhatikan dulu beberapa klasifikasinya seperti berikut ini:

· Bentuk arah aliran di impeller.
Arah aliran ini dapat berupa axial flow, mixed flow atau radial flow.

· Banyaknya jumlah suction inlet.
 Ada beberapa pompa sentrifugal yang memiliki lebih dari dua buah suction inlet. Pompa yang memiliki satu suction inlet dinamakan single-suction pump, sedangkan pompa dengan dua suction inlet disebut double-suction pump.

· Bentuk konstruksi dari impeller.
Pada pompa sentrifugal, impeller yang digunakan dapat berupa open impeller, semi open impeller dan close impeller.

· Banyaknya impeller.
Beberapa pompa sentrifugal khusus memiliki impeller bersusun. Pompa dengan satu impeller disebut single-stage pump, sedangkan pompa yang memiliki lebih dari satu impeller disebut multi-stage pump.

Nah, itulah sejarah singkat pompa sentrifugal dan klasifikasinya. Semoga bermanfaat!

Sejarah Pompa Sentrifugal Dan Klasifikasinya Sejarah Pompa Sentrifugal Dan Klasifikasinya Reviewed by Riza Firli on 19.32.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.