Menghindari Cedera Dalam Bermain Piano

Salah satu hal penting yang sering diabaikan oleh para pemain piano, adalah resiko cedera yang menimpa mereka. Tak jarang lebih banyak pianis pemula yang menginvestasikan uangnya dengan beli piano, ketimbang membeli beragam peralatan yang bisa menghindarkan mereka dari cedera akibat bermain piano.

Kendati sudah menginvetasikan uangnya untuk perawatan pribadi, namun tidak banyak yang mengetahui apa gejala awal cedera jari yang biasanya menimpa pianis. Ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan untuk meminimalisir resiko cedera yang bisa menimpa anda. Yang pertama perhatikan sinyal tubuh anda.

Jika anda merasa tidak nyaman atau kelelahan, itu adalah sinyal bahwa anda harus beristirahat. Jangan paksakan jari anda untuk terus memencet nut piano, sebab jari anda bisa mengalami keram atau pegal yang justru akan membuat penampilan anda semakin memburuk. Kedua lakukan pemanasan sebelum dan sesudah bermain piano.

Pemanan otot tangan penting dilakukan, agar tangan anda memiliki kekuatan lebih prima dan tidak rentan terkena cedera. Sesekali rendamlah jari anda dengan air hangat, dan melakukan latihan ringan seperti yoga. Perengangan mutlak diperlukan sebelum anda mulai menempatkan jari diatas piano.

Ada baiknya sebelum melakukan pertunjukkan lakukan beberapa permainan sederhana. Misalkan bermain skala major atau mino. Latihan sederhana ini akan membuat jari anda untuk lebih siap memainkan lagu yang lebih cepat. Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghindarkan diri dari cedera saat bermain piano.
Menghindari Cedera Dalam Bermain Piano Menghindari Cedera Dalam Bermain Piano Reviewed by Unknown on 01.00.00 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.